PKK Inisiasi Senam Germas di Desa Puuwonua
Ketua PKK Desa Puuwonua bersama masyarakatnya mengintegrasikan dengan program Posbindu dan Poslansia yang didukung oleh Puskesmas Tontonunu Kabupaten Bombana .

Hasirun, SKM.,M.Epid

Praktisi Kesehatan
Founder Cita Center
FETP Universitas Airlangga
Hasirun, SKM.,M.Epid

Jauh dari keramaian bukan berarti semangat untuk berperilaku sehat itu surut. Dimanapun berada harus terus menumbuhkan gerakan masyarakat hidup sehat. Walaupun terkadang untuk membiasakan perilaku sehat di masyarakat itu terbilang-gampang gampang susah.

Hal ini juga dirasakan oleh Ketua PKK Desa Puuwonua, kecamatan Tontonunu, Kabupaten Bombana, Ibu Suryati, yang menginisiasi Senam Sehat di lingkungan desanya. Awalnya ia rasa berat untuk mengajak masyarakat berpartisipasi dalam senam tersebut.

BACA JUGA:  Yuk Intip Serunya Kampanye PTM? Siapa Takut! Mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Senam tersebut sudah berjalan 4 bulan sejak tahun lalu, berawal dengan mengajak Kader posyandu, Hj. Asiah dan rekan-rekannya, serta beberapa warga memulai senam di halaman Kantor Desa. Hingga kini senam tersebut rutin dilaksanakan 3-4 kali seminggu. Masyarakat yang berpartisipasi pun kian hari kian bertambah.

Tak hanya itu, Ketua PKK Desa Puuwonua bersama masyarakatnya mengintegrasikan dengan program Posbindu dan Poslansia yang didukung oleh Puskesmas Tontonunu Kabupaten Bombana dan tentunya tidak terlepas dari dukungan Pak Nasrullah selaku Kepala Desa Puuwonua Kec. Tontonunu.

Masyarakat mulai banyak berpartisipasi dan merasakan manfaat UKBM Posbindu dan Poslansia ini. Ini ditandai dengan jumlah kunjungan saat senam dan posbindu terus bertambah. Walaupun warga tidak memiliki keluhan apapun, mereka tetap berpartisipasi untuk menerapkan point Germas yaitu cek kesehatan rutin dan aktifikasi rutin.

BACA JUGA:  Yuk Intip Meriahnya Peringatan Hari Gizi Nasional ke-58 Puskesmas Ciledug!

Sharing is caring!

(Visited 109 times, 1 visits today)