Pos Gizi Peduli Desa Langda Enrekang Untuk Wujudkan Generasi Emas
Jika kegiatan ini berhasil setelah evaluasi, kita akan laksanakan di semua desa, karena ada beberapa desa yang ingin melaksanakan Pos Gizi Peduli serupa.
Spread the love

Rijalul Jabar, S.KM, M.Adm.Kes

Promkes Dinkes Kab Enrekang
Sekretaris Umum PERSAKMI Kab Enrekang
Rijalul Jabar, S.KM, M.Adm.Kes

Desa Langda merupakan salah satu Lokus Desa Stunting di Kabupaten Enrekang, dimana angka Stunting disini sangat signifikan yaitu 45.31 % dari total sasaran 58 balita. Pos Gizi Peduli Desa Langda adalah wadah masyarakat untuk belajar dan menjadi pembelajar gizi sebagai Gerakan Masyarakat Peduli Stunting/ Gempita Enrekang.

BACA JUGA:  Pupuk Semangat & Motivasi Kerja, Tim Promkes Dinkes Enrekang Gelar Family Gathering

Pos Gizi Peduli Desa Langda Enrekang

Pos Gizi Peduli Desa Langda Kec. Buntu Batu Kab. Enrekang merupakan salah satu kegiatan inovatif untuk menanggulangi Stunting di Enrekang. Apa saja yang dilakukan di Pos Gizi Kegiatan Pos Gizi meliputi Edukasi, Praktek dan Kemandirian Gizi Masyarakat.

Kegiatan yang dilaksanakan diantaranya penimbangan berat badan, praktek memasak yang dikakukan oleh kader dan ibu balita, edukasi pola memberikan makanan kepada balita, diskusi pendidikan gizi tumbuh kembang dengan masalah kesehatan lainnya.

Aktivitas Pos Gizi Desa Langda

Pengisian absensi disini menggunakan metode gambar, ketika kehadiran lengkap saat belajar maka bunga akan utuh dan indah. Selain itu di Pos Gizi dilakukan evaluasi pencatatan porsi makan yang dihabiskan oleh balita. dan terakhir dilakukan edukasi PHBS.

BACA JUGA:  Ini Upaya Lintas Sektor Kecamatan Lantung Atasi Stunting

Kegiatan ini dilaksanakan 12 hari berturut – turut, dan hari ke 13 – hari ke 30 ibu-ibu kembali ke rumah dan akan melakukan praktek dirumah masing-masing didampingi, diawasi oleh kader dan petugas kesehatan,

Kegiatan Pos Gizi Peduli Desa Langda Enrekang

Kepala Desa Landa Rizal mengungkapkan kegiatan ini dibiayai oleh desa sebagai stimulan masyarakat supaya tahu, mau dan mampu membuat menu sehat, memberi perhatian tentang pola asuh kepada anaknya serta menadi generasi sehat, generasi Emas di Enrekang di masa yang akan datang.

Harapan Kepala Puskesmas Buntu Batu H. Gusti Jakariah bahwa kegiatan ini sebagai stimulan dan masyarakat terutama kader-kader desa mampu menjadi pembelajar peduli gizi di wilayah Desa Langda. Kegiatan ini pertama di Kab. Enrekang, jika kegiatan ini berhasil setelah kita evaluasi kita akan laksanakan di semua desa, karena sudah ada beberapa desa yang ingin melaksanakan Pos Gizi Peduli serupa.

BACA JUGA:  Tahun Ini, Enrekang Optimis Sabet Juara Sekolah Sehat Tk. Provinsi Sulsel

Sharing is caring!

(Visited 107 times, 1 visits today)