Webinar Gizi Kesehatan Masyarakat 2020 FKM UMJ, Antara Kopi, Gaya Hidup dan Kesehatan

Jakarta, 29 Juni 2020, Telah berlangsung kegiatan Webinar Nasional Gizi Kesehatan Masyarakat yang diselenggarakan oleh Mahasiswa Peminatan Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Jakarta. Webinar ini mengusung tema “Antara Kopi, Gaya Hidup dan Kesehatan”.

Kegiatan yang diselenggarakan pada Minggu, 28 Juni 2020 pukul 13.00 – 15.30 WIB melalui aplikasi Zoom Meeting ini menghadirkan narasumber yang ahli dibidangnya, yakni Yuni Zahraini, SKM, MKM selaku Nutrisionist Ahli dari Direktorat Gizi Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan dan Seala Septiani, S.Gz, M.Gz selaku Peneliti dan Konsultan Gizi, Health Expert dan Ketua ILUNI GIZI UI. Selaku Moderator yakni Mizna Sabilla, SKM, M.Kes selaku Dosen FKM UMJ.

Webinar Gizi FKM UMJ, Antara Kopi, Gaya Hidup dan Kesehatan

Acara webinar dibuka dengan penyampaian sambutan yang disampaikan oleh Dr. Andriyani, M.Ag selaku Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Webinar ini diawali dengan penyampaian materi oleh Ibu Yuni Zahraini, SKM, MKM terkait “Peluang dan Tantangan serta Arah Kebijakan Konsumsi Kopi di Indonesia”. Beliau menyampaikan bahwa Indonesia merupakan salah satu negara yang “Kaya akan Kopi”, mulai dari produksi hingga pasaran konsumen kopi marak diminati, ditambah lagi saat ini kopi juga menjadi salah satu sarana pergaulan di masyarakat. Hal tersebut tentunya mampu dijadikan peluang sarana diseminasi informasi terhadap masyarakat terkait manfaat dan risiko kesehatan dari konsumsi kopi. Selain itu narasumber juga menyampaikan bahwa diperlukan pengembangan penelitian terkait perkembangan konsumsi kopi serta pentingnya menyusun strategi yang tepat untuk memberikan edukasi terkait konsumsi kopi kepada masyarakat.

Peluang dan Tantangan serta Arah Kebijakan Konsumsi Kopi di Indonesia

Selanjutnya materi kedua disampaikan oleh Ibu Seala Septiani, S.Gz, M.Gz terkait dengan “Konsumsi Kopi sebagai Gaya Hidup Dilihat dari Perspektif Gizi dan Kesehatan”. Pemateri menyampaikan bahwa konsumsi kopi dapat menjadi berbahaya jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan serta mengandung gula yang tinggi.

Hal tersebut tentunya juga dipengaruhi oleh faktor nutrigenomik kopi yang saat ini sedang menjadi perbincangan hangat, dimana setiap orang mempunyai metabolisme yang berbeda-beda terhadap kopi yang dikonsumsi, bergantung pada ekspresi genetik yang dimiliki.

Konsumsi Kopi sebagai Gaya Hidup Dilihat dari Perspektif Gizi dan Kesehatan

Penyampaian materi ditutup dengan kesimpulan bahwa mengkonsumsi kopi dalam jumlah moderat dapat dilakukan untuk mendapat manfaat kesehatan dan untuk menghindari efek negatif akibat konsumsi kopi dapat dilakukan dengan tetap menerapkan gaya hidup mengkonsumsi gizi seimbang.

Acara webinar berlangsung tertib dan dilanjutkan dengan penyampaian closing statement dari kedua narasumber. Terdapat 6 pertanyaan dari peserta yang dapat terjawab dengan jelas oleh kedua narasumber. Pemberian serifikat secara virtual juga dilakukan oleh Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat, Wakil Dekan II serta ketua pelaksana kegiatan Webinar Nasional Gizi Kesehatan Masyarakat kepada kedua narasumber serta moderator. Acara ditutup dengan sesi foto bersama dan penyampaian informasi terkait pengumuman doorprize untuk peserta.

Adilla Sania selaku Ketua Pelaksana Webinar Nasional Gizi Kesehatan Masyarakat menyampaikan bahwa tema yang diusung dalam Webinar kali ini dilatarbelakangi oleh fenomena perubahan gaya hidup masyarakat di Indonesia yang menjadikan konsumsi kopi sebagai bagian dari gaya hidup sehingga diperlukan upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat akan dampak kesehatan dari menjadikan konsumsi kopi sebagai gaya hidup melalui kegiatan webinar. Diharapkan kegiatan ini mampu meningkatkan pengetahuan masyarakat terkait fenomena konsumsi kopi serta menepis berbagai mitos yang marak diperbincangkan di kalangan masyarakat awam.

Peserta Webinar Gizi Kesehatan Masyarakat 2020 FKM UMJ

Webinar ini diikut oleh peserta dari berbagai daerah mulai dari Jabodetabek, Jawa, Bali, NTB, NTT, Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, Maluku, Bangka Beliting Ambon, Papua hingga Jayapura

Mahasiswa Peminatan Gizi
Fakultas Kesehatan Masyarakat
Universitas Muhammadiyah Jakarta

Sharing is caring!

(Visited 151 times, 1 visits today)