Prodi Kesehatan Masyarakat STIKes Umitra Siapkan Tenaga Handal di Bidang Kesehatan

Prodi Kesehatan Masyarakat STIKes Umitra, sejak semester keempat mahasiswa dapat memilih peminatan, sesuai yang diinginkan.

Penyuluhan kesehatan masyarakat, merupakan gabungan berbagai kegiatan dan kesempatan yang berlandaskan prinsip-prinsip belajar untuk mencapai suatu keadaan dimana individu,kelompok atau masyarakat secara keseluruhan ingin hidup sehat, tahu bagaimana caranya dan melakukan apa yang bisa dilakukan secara perorangan maupun secara kelompok dan meminta pertolongan bila perlu dalam mengatasi masalah kesehatanya.

“Aktivitas penyuluhan rutin dilakukan oleh mahasiswa STIKes Umitra, tidak hanya di program studi (prodi) keperawatan, tetapi juga di Prodi Kesehatan Masyarakat dengan didampingi  dosen-dosen yang profesional di bidangnya,” ujar Ir. Affan Zaldi Erya, Waket 3 STIKes Umitra.

Prinsip dasar penyuluhan kesehatan adalah tercapainya perubahan perilaku individu,keluarga dan masyarakat dalam membina dan memelihara perilaku sehat dan lingkungan sehat serta berperan aktif dalam upaya mewujudkan derajat kesehatan yang optimal.

Sasaran jangkauan penyuluhan  adalah kelompok umum : masyarakat umum dan kelompok khusus: masyarakat daerah terpencil, masyarakat didaerah pemukiman baru,  masyarakat yg terkena masalah kesehatan wabah , masyarakat yang rentan terhadap masalah kesehatan: ibu hamil,ibu menyusui, manula,anak-anak. Misal.: di posyandu, posyandu manula, & masyarakat yang ada diberbagai insntitusi atau forum misalnya: rumah sakit,puskesmas,balai pengobatan,sekolah dll.

“Prodi kesehatan masyarakat STIKes Umitra, sejak semester ke empat mahasiswa dapat memilih peminatan, sesuai yang diinginkan.   Peminatan yang disiapkan di prodi kesehatan masyarakat STIKes Umitra, antara lain  epidemiologi, manajemen pelayanan kesehatan, promosi kesehatan, kesehatan keselamatan kerja (K3), dan kesehatan reproduksi,” terang Mr. Aldi.

Peminatan-peminatan tersebut sangat dignifikan dengan dunia kerja yang banyak dibutuhkan bagi tenaga kesehatan masyarakat.  Di Umitra tidak hanya strata 1 kesehatan masyarakat, terdapat pula strata 2, yaitu program pascasarjana kesehatan masyarakat yang telah berjalan proses akademiknya sejak 2009.

Sumber umitra.ac.id

Yuk Share Postingan Ini:
Dimas Prayoga
Dimas Prayoga

Pencerah Nusantara 6 Grobogan

Articles: 5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *