Prodi Kesmas Mandala Waluya Kendari Gelar Pelatihan Multimedia
Prodi Kesehatan Masyarakat STIKES Mandala Waluya mengadakan pelatihan multimedia khususnya jurusan promosi kesehatan pada 20–21 Mei 2017.

Prodi Kesehatan Masyarakat STIKES Mandala Waluya mengadakan pelatihan multimedia yang berlangsung selama dua hari, tanggal 20–21 Mei 2017, di Aula Lantai 2 STIKES Mandala waluya, Kendari. Pelatihan ini bertujuan memberikan skill kepada mahasiswa khususnya jurusan promosi kesehatan agar mampu merancang materi promosi yang kreatif dan inovatif dengan mengandalkan teknologi media.

BACA JUGA:  Cegah Sex Bebas, Mahasiswa Prodi IKM STIKes Indramayu Lakukan Penyuluhan di Sekolah Ini

Ketua Prodi Kesehatan Masyarakat, La Djabo Buton, SKM., M.Kes., mengungkapkan bahwa kesehatan masyarakat sendiri bergantung pada peningkatan status derajat kesehatan warga melalui upaya promotif preventif (pencegahan). Hanya saja masalah yang saat ini dihadapi adalah kurangnya pengetahuan dan sikap masyarakat, yang berimbas pada rendahnya perilaku sehat masyarakat hingga mengakibatkan munculnya berbagai penyakit yang sebagian besar disebabkan oleh factor perilaku (behavior).

Penyuluhan kesehatan yang kerap dilakukan ternyata masih belum mampu menarik perhatian masyarakat, untuk mengubah perilaku. Hal ini menuntut dilakukannya upaya promosi kesehatan yang menarik, dan dikemas secara kreatif agar menarik perhatian serta mampu meningkatkan pengetahuan kesehatan, di kalangan masyarakat. “Untuk itu upaya-upaya promosi kesehatan harus mampu disajikan dengan menarik, baik melalui desain grafis maupun visualisasi kreatif masalah kesehatan, berikut upaya pencegahannya,” terang La Djabo.

BACA JUGA:  Mahasiswa STIKes Mega Buana Palopo Jalani Program Magang di Berbagai Institusi

Pelatihan multimedia ini, lanjut dia, dilaksanakan sebagai salah satu implementasi pengembangan materi teknologi media yang merupakan materi jurusan promosi kesehatan. Mahasiswa diharapkan mampu implementasikan teori yang telah didapatkan dan memvisualisasikan ide-ide kreatif masalah kesehatan dalam media promosi yang mampu berkontribusi dalam peningkatan status derajat kesehatan masyarakat.

“Mahasiswa juga diharapkan mampu mengidentifikasi permasalahan kesehatan yang urgen untuk dipublikasi, seraya memberikan visualisasi mengenai upaya preventif maupun kuratif untuk kasus yang telah terjadi,” ujarnya.

Pelatihan yang telah digelar beberapa kali oleh Jurusan Promosi Kesehatan, setelah sebelumnya pernah melaksanakan pelatihan serupa. “Prodi Kesehatan Masayarakat STIKES Mandala waluya kendari terus melakukan inovasi, untuk menghasilkan sarjana kesehatan masyarakat yang unggul dan memahami upaya promosi, dalam rangka peningkatan status derajat kesehatan masyarakat,” pungkasnya.

BACA JUGA:  ISMKMI Nilai Sejumlah Kampus Langgar Moratorium Pembukaan Prodi Kesmas

Sharing is caring!

(Visited 224 times, 1 visits today)