Program Anak Sekolah Sehat, RS Baznas Sidoarjo Edukasi Bahaya Rokok
Rumah Sehat Baznas Sidoarjo melaksanakan "Program Anak Sekolah Sehat (PASS)", Selasa 06 Agustus 2019, bertema "Tolak Jadi Target Rokok" di MI Al Ishlah Pasuruan untuk edukasi bahaya rokok.

Yazid Albustomi

Staf Layanan Luar Gedung
Rumah Sehat Baznas Al Chusnaini Sidoarjo

Sidoarjo – Rumah Sehat Baznas Sidoarjo melalui tim Layanan Luar Gedung (LLG) melaksanakan kegiatan “Program Anak Sekolah Sehat (PASS)”, Selasa 06 Agustus 2019.  Kegiatan ini dilakukan di MI Al Ishlah Desa Glanggang Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan.

Program Anak Sekolah Sehat

Kali ini tim LLG melaksanakan beberapa kegiatan salah satunya edukasi kesehatan. Kegiatan edukasi kesehatan ini bertemakan “Tolak Jadi Target Rokok”. Edukasi ini bertujuan agar siswa/i MI Al Ishlah paham mengenai bahaya rokok dan mereka berani untuk menolak jadi target rokok. Edukasi ini diikuti oleh siswa/i kelas 3 hingga 5 dengan jumlah 76 siswa/i. Pemateri edukasi kali ini adalah Yazid Albustomi, S.KM. salah satu staff LLG. Kegiatan ini berlangsung mulai pukul 09.45 – 11.30 WIB

BACA JUGA:  Tahun Ini, Enrekang Optimis Sabet Juara Sekolah Sehat Tk. Provinsi Sulsel

Sebelum kegiatan adik-adik ini diberi beberapa pertanyaan seputar rokok. Namun, ada satu pertanyaan yang menarik yakni ketika ditanya, “Apa ada yang pernah mencoba merokok?”. Dari kerumunan ada beberapa siswa menjawab “IYA”. Seketika itupun mereka kembali diberi pertanyaan oleh pemateri, “Kenapa kok mencoba merokok?”. Jawaban mereka pun bervariasi, namun ada beberapa jawaban yang menarik diantaranya :

  1. Karena disuruh teman (orang lebih dewasa).
  2. Inisiatif sendiri untuk mecoba.

Sangat miris ketika diluar sana ternyata masih banyak orang dewasa yang masih terus mecoba mempengaruhi adik-adik seperti mereka untuk merokok. Seharusnya tidak sepaputnya mereka yang lebih dewasa bertindak seperti itu. Haruslah mereka yamg lebih dewasa memberikan contoh yang baik kepada adik-adik seperti mereka, agar tercipta generasi sehat.

BACA JUGA:  Yuk Intip Keseruan Penyuluhan Sekolah Sehat Bersama Mahasiswa Prodi Kesehatan Masyarakat STIKes Respati Tasikmalaya

RS Baznas Sidoarjo, Program Anak Sekolah Sehat

Selain itu, kegiatan ini diharapkan bisa menjadi salah satu dorongan bagi generasi muda seperti adik-adik siswa/i MI Al Ishlah untuk berani menolak ajakan merokok. Serta mereka bisa menjadi media peer education untuk teman-teman sebaya mereka.

Yuk, #SahabatSehatBAZNAS terus dukung gerakan generasi muda untuk “menolak jadi target rokok” demi terciptanya generasi sehat bebas rokok.

Sharing is caring!

(Visited 65 times, 1 visits today)