Prolanis Puskesmas Losarang
Prolanis merupakan sistem pelayanan kesehatan dan pendekatan proaktif yang melibatkan peserta, fasilitas kesehatan, dan BPJS Kesehatan dalam rangka memelihara kesehatan peserta BPJS Kesehatan

Peran serta dan dukungan Kepala Puskesmas Losarang dr.H.Andri dengan mendorong petugas lansia (Ibu Dartuti AMK), petugas Promkes (Bapak Sudi Amd.Kep) dan Bidan Desa Muntur (Hj. Warsini S.ST.SKM) pada Program Prolanis.

Prolanis merupakan sistem pelayanan kesehatan dan pendekatan proaktif yang melibatkan peserta, fasilitas kesehatan, dan BPJS Kesehatan dalam rangka memelihara kesehatan peserta BPJS Kesehatan dengan kriteria peserta menjadi anggota faskes tingkat 1 Puskesmas Losarang yang menderita penyakit kronis yaitu penyakit Diabetes Melitus tipe 2 dan hipertensi. Prolanis bekerjasama dengan laboratorium kesehatan Prodia pada pemeriksaan darah & IVA Test.

BACA JUGA:  Cegah Resiko Penyakit Degeneratif Puskesmas Losarang Ajak Warga Rutin Olah Raga

Pemeriksaan Kesehatan Lansia Puskesmas Losarang

Kegiatan prolanis dilaksanakan di Posyandu Sedap Malam Desa Muntur. Setiap 6 bulan sekali Prodia melaksanakan pemeriksaan darah & IVA Test kepada peserta Prolanis yang dilaksanakan
di Puskesmas Losarang.

Jumlah peserta Prolanis berjumlah 84 orang, dari 4 desa di wilayah kerja Puskesmas Losarang yaitu : Desa Krimun, Desa Losarang, Desa Muntur & Desa Santing.

Narasumber dalam edukasi Prolanis yaitu dokter umum puskesmas dr.Putra & penanggung jawab promkes yaitu Bapak Sudi, Amd.Kep, kegiatan edukasi dilaksanakan sebulan sekali di akhir bulan bertempat di Posyandu Sedap Malam. Materi edukasi yang di sampaikan tentang penyakit kronis & penyakit tidak menular.

Kegiatan di mulai pukul 07.30 WIB s/d 10.00 WIB dengan susunan kegiatan yaitu: registrasi peserta (KTP, kartu BPJS & kartu berobat), pelayanan pemeriksaan kesehatan (penimbangan bb, pengukuran TB & pemeriksaan tekanan darah) dilanjutkan kegiatan senam prolanis.

BACA JUGA:  10 Penyakit Ini Bikin Kepala Puskesmas Losarang TOBAT

Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat memberikan kesadaran kepada peserta prolanis agar tetap menjaga kesehatannya melalui pelayanan pemeriksaan kesehatan rutin, kegiatan senam & edukasi untuk memberikan kesadaran agar tetap bugar produktif melaksanakan aktifitas sehari-hari.

Sharing is caring!

(Visited 102 times, 1 visits today)