Promkes Puskesmas Krangkeng Edukasi Pengunjung Tentang Kesehatan Lansia
Senin (08/07/19) bidang Promkes Puskesmas Krangkeng melaksanakan penyuluhan di ruang tunggu pelayanan puskesmas dengan tema “Upaya Pencegahan Penyakit & Peningkatan Kesehatan Bagi Usia Lanjut”.
Spread the love

PUSKESMAS KRANGKENG – Promotor Kesehatan Fuad Hasyim,S.KM melaksanakan penyuluhan dalam gedung yang merupakan kegiatan rutin Puskesmas Krangkeng sebagai bentuk upaya untuk terwujudnya Visi dari Puskesmas Krangkeng yakni “Terwujudnya Masyarakat Sehat Secara Mandiri di Wilayah Kerja Puskesmas Krangkeng.

Dalam kesempatan kali ini Senin (08/07/19) bidang Promkes Puskesmas Krangkeng melaksanakan penyuluhan di ruang tunggu pelayanan puskesmas dengan tema “Upaya Pencegahan Penyakit & Peningkatan Kesehatan Bagi Usia Lanjut”.

BACA JUGA:  Puskesmas Krangkeng Latih Siswa Jadi Kader Kesehatan Remaja

Secara alami, proses menua tidak dapat dicegah, namun diharapkan proses tersebut tidak segera diikuti dengan ketergantungan ataupun kecacatan sehingga lanjut usia (Lansia) dapat tetap berdayaguna dan tidak menjadi beban baik bagi dirinya, keluarganya, maupun masyarakat.

Pada usia lanjut, terjadi kemunduran sel-sel karena proses penuaan yang dapat berakibat pada kelemahan organ, kemunduran fisik, timbulnya berbagai macam penyakit terutama penyakit degeneratif. Sebagian lansia akan mengalami hanbatan dalam kehidupan mereka sehingga tidak sedikit dari mereka yang menarik diri dari kehidupan sosial, mengalami depresi, dan tidak mau melakukan kegiatan produktif lainnya.

Menurut departemen kesehatan RI, DIRJEN Bina KESMAS Direktorat Kesehatan Keluarga tahun 2003 dalam buku pemantauan kesehatan pribadi lanjut usia, ada 7 tips yang harus dilakukan pada usia lanjut.

BACA JUGA:  5 Orang Staf Puskesmas Krangkeng Ikuti Pelatihan Keluarga Sehat

1. Memperkuat ketaqwaan kepada tuhan yang maha esa
2. Memelihara kebersihan pribadi dan lingkungan
3. Memeriksa kesehatan secara berkala
4. Makan hidangan sesuai pedoman gizi seimbang
5. Jaga dan tingkatkan kesegaran jasmani
6. Kembangkan kegemaran (hobi) sesuai dengan kemampuan
7. Hindari resiko terjadinya kecelakaan

Pola hidup menjadi salah satu faktor utama yang harus diperhatikan, terutama pola hidup sehat untuk itu diperlukan persiapan yang baik ketika usia lanjut, bahkan sedari muda mungkin agar kesehatan usia lanjut menjadi lebih baik. Selain 7 tips diatas perlu ditambahkan dengan istirahat yang cukup dan mengelola stress dengan baik.

Dalam kegiatan ini, diharapkan baik lansia maupun keluarganya dapat berperan aktif saling menguatkan dan memberi semangat dalam pencegahat penyakit dan meningkatkan kesehatan dilingkungannya. Sehingga terwujudnya masyarakat yang sehat secara mandiri.

BACA JUGA:  Puskesmas Krangkeng Lakukan Pemantauan Jentik Berkala Bersama Jumantik

Kesehatan Lansia, Promotor Puskesmas Krangkeng

Sharing is caring!

(Visited 79 times, 2 visits today)