Puluhan Anak Maluku Kena Campak, Menkes, Imunisasi Sebanyak Mungkin Anak!
Dinas Kesehatan Provinsi Maluku menyatakan KLB Campak sejak ditemukan lebih dari 90 anak balita di Kabupaten Kepulauan Aru yang terserang penyakit ini.

Ditemukan puluhan kasus penyakit campak pada lebih dari 90 anak balita di Kabupaten Kepulauan Aru, Maluku. Bahkan sejak periode Juli sampai September 2014, sebanyak delapan balita meninggal dunia akibat penyakit tersebut.

Kondisi ini pun membuat Dinas Kesehatan Provinsi Maluku menyatakan status Kejadian Luar Biasa (KLB) di wilayah tersebut. Menanggapi hal ini, Menteri Kesehatan RI, dr Nafsiah Mboi, SpA, MPH, mengaku sangat prihatin sebab penyakit campak bisa dicegah dengan pemberian imunisasi sebelum anak mencapai usia tiga tahun.

BACA JUGA:  Marak Anti Vaksin, Beberapa Daerah Ini Pernah KLB Penyakit

“Ini sangat menyedihkan, karena campak itu sebenarnya bisa dicegah dengan imunisasi. Saya berharap seluruh anak-anak Indonesia atau paling tidak 90 persennya diimunisasi. Sayangnya, ada beberapa daerah yang cakupan imunisasinya hanya 60 persen saja,” ujar Nafsiah, ditemui usai melantik anggota Komite Farmasi Nasional (KFN) di Gedung Kemenkes RI, Jakarta, Selasa (23/9/2014).

Menurut Nafiah, peran pemerintah daerah sangat penting untuk mengusahakan agar setiap anak yang berusia di bawah 3 tahun diimunisasi sesuai jadwal. Ini agar anak-anak tersebut bisa terhindari dari 8 macam penyakit, yakni difteri, pertusis, tetanus, hepatitis B, tuberculosis pada bayi, polio, campak, dan haemophilus influenzae type b (Hib).

Lantas mengapa pemberian imunisasi masih belum menyeluruh? Menanggapi pertanyaan ini, Nafsiah menyebutkan bahwa kendalanya masih berada pada kepemimpinan kepala daerah di wilayah tersebut.

BACA JUGA:  Takut Vaksin Campak Mengandung Babi, Dinkes Tegaskan Vaksin Halal

“Kendalanya, pertama kepemimpinan kepala daerah. Kalau kepala daerahnya aktif, maka puskesmas dan posyandu bisa berjalan dengan sangat baik. Kan ada beberapa daerah yang pemimpinnya cuek saja,” imbuhnya.

Sumber Detik.com

Sharing is caring!

(Visited 30 times, 1 visits today)