Puskesmas Ciledug Gelar Talkshow Peningkatan ASI Eksklusif
Kamis 24 Oktober 2019 Puskesmas Ciledug melaksanakan kegiatan Talkshow Peningkatan Cakupan ASI Eksklusif Tingkat Kecamatan Ciledug Kabupaten Cirebon.

Novita Priyanti Utami

Petugas Promkes Puskesmas Ciledug Cirebon
Novita Priyanti Utami

Cirebon – Kamis 24 Oktober 2019 Puskesmas Ciledug bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon dan Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) Cabang Cirebon telah melaksanakan kegiatan Talkshow Peningkatan Cakupan ASI Eksklusif Tingkat Kecamatan Ciledug Kabupaten Cirebon.

Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Kecamatan Ciledug, tepat pukul 09.00 WIB. Acara Talkshow peningkatan cakupan ASI Eskslusif ini di sponsori oleh Cleo, dihadiri oleh 73 peserta yang terdiri dari Ibu Bhayangkari, Ibu Persit, Bidan Desa, Ibu Ketua TP PKK Desa, Kader Posyandu Desa, Ketua Pokja IV PKK Desa, Organisasi Fatayat NU, Organisasi Aisyiyah, Organisasi Wanita Katholik, dan GOW.

BACA JUGA:  4 Tips Agar Ibu Dapat Memberikan ASI Eksklusif Pada Bayi

Kegiatan ini dihadiri pula oleh Pak Drs. H. Solihin, MM. selaku Camat Ciledug, Pak H. Mohamad Sayid, S.KM.MM. selaku Kepala UPTD Puskesmas Ciledug, Ibu Hj. Junani Solihin selaku Ibu Ketua TP PKK Kecamatan Ciledug, dan Ibu Bidan Puspita Ningrum selaku narasumber dari AIMI Cabang Cirebon,

Pembukaan Talkshow ASI Eksklusif Puskesmas Ciledug

Kegiatan Talkshow ini dimulai dengan acara pembukaan, kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu wajib Indonesia Raya dipimpin oleh Bd. Amas (Selaku Bidan Desa Tenjomaya), setelah itu dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala UPTD Puskesmas Ciledug yaitu Bapak H. Mohamad Sayid, S.KM.MM. lalu dilanjutkan dengan sambutan sekaligus membuka acara talkshow oleh Bapak Drs. H. Solihin, MM.

Perlu diketahui bahwa Pak Kepala Puskesmas Ciledug dan Pak Camat sangat mendukung acara talkshow ini, berharap agar para tamu undangan yang hadir dapat menyampaikan kembali kepada masyarakat Ciledug betapa pentingnya memberikan ASI Eksklusif kepada bayi umur 0-6 bulan.

BACA JUGA:  Dosen FKM UMI Sosialisasi Pentingnya Asi Eksklusif di Jeneponto

Setelah acara sambutan, kemudian dilanjutkan acara inti yaitu bincang-bincang mengenai “Peran TP PKK dan Kader dalam Peningkatan Cakupan ASI Eskslusif di Kecamatan Ciledug” disampaikan oleh Ibu Hj. Junani Solihin selaku ketua TP PKK Kecamatan Ciledug.

Talkshow ASI Eksklusif Puskesmas Ciledug

Kemudian dilanjutkan bincang-bincang bersama Ibu Bidan Puspita Ningrum dari AIMI Cabang Cirebon dengan tema “Menyusi Pasti Bisa”.

“ASI luar biasa manfaatnya, keberhasilan menyusui tidak hanya dari Ibus aja, namun dari suami dan keluarga juga. Menyusui bukan hanya peran seorang ibu saja namun keluarga pun berperan, setiap ibu memiliki komposisi ASI yang berbeda-beda, dan posisi pelekatan payudara merupakan kunci keberhasilan menyusui”, jelas Bidan Puspita.

Setelah bincang-bincang bersama kedua narasumber selesai, dilanjutkan dengan peregangan senam GERMAS terlebih dahulu, diikuti oleh semua tamu undangan dan juga kedua narasumber pada acara talkshow tersebut.

BACA JUGA:  Gebyar Posyandu Puskesmas Ciledug Berlangsung Meriah

Kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi Tanya jawab, pada sesi ini banyak tamu undangan yang antusias bertanya mengenai materi yang telah disampaikan oleh kedua narasumber, setelah diskusi tanya jawab selesai, dilanjutkan dengan pemberian sertifikat lulus ASI Eksklusif kepada bayi dari Desa Teniomaya dan Damarguna.

Sertifikat diberikan oleh organisasi Aisyiyah yang berkerjasama dengan UPTD Puskesmas Ciledug. Tak hanya membahas ASI, pada acara talkshow namun organisasi Aisyiyah pun memberikan informasi mengenai kegiatan peduli kanker payudara.

Sertifikat Lulus ASI Eksklusif Puskesmas Ciledug

Harapan dari kegiatan ini, semoga setelah adanya kegiatan talkshow ini setiap desa di Kecamatan Ciledug dapat membentuk Kelompok Pendukung ASI, meningkatkan kesadaran ibu untuk memberikan ASI Eksklusif kepada bayi umur 0-6 bulan.

Sharing is caring!

(Visited 122 times, 1 visits today)