Puskesmas di Kotawaringin Timur Laksanakan Pergerakan Masyarakat Peringati HCTS
21 Puskesmas yang ada di Kabupaten Kotawaringin Timur antusias menyambut Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia 2019 dengan berbagai kegiatan menarik bersama masyarakat.

Nuansa berbeda dari tahun-tahun sebelumnya terjadi di Kabupaten Kotawaringin Timur. Biasanya Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Sedunia yang diperingati setiap tanggal 15 Oktober berjalan biasa saja dan nyaris tidak ada kegiatan yang mewarnainya.

Tahun ini, Dinas Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Timur mengeluarkan surat edaran untuk Puskesmas se-Kabupaten Kotawaringin Timur yang isinya meminta Puskesmas melakukan kegiatan Penggerakan Masyarakat dalam rangka Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia Tahun 2019.

BACA JUGA:  PAMI Lampung Edukasi Siswa Berkebutuhan Khusus Tentang Jajanan Sehat & CTPS

Edaran Dinas Kesehatan tersebut disambut antusias oleh Puskesmas. Faktanya, lebih dari 50% Puskesmas di Kabupaten Kotawaringin Timur serentak melaksanakan Penggerakan Masyarakat dalam rangka Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Sedunia Tahun 2019 pada tanggal 15 Oktober lalu.

Camat Kota Besi Kab. Kotawaringin Timur, Ninuk Muji Rahayu

Dari 21 Puskesmas yang ada di Kabupaten Kotawaringin Timur, sebanyak 13 Puskesmas telah melaksanakan penggerakan masyarakat untuk CTPS. Sisanya, akan melaksanakan kegiatan tersebut belakangan, karena terkendala adanya penilaian Puskesmas Berprestasi, Akreditasi Puskesmas dan kegiatan rutin lainnya dengan jadwal yang berbenturan.

Sasaran kegiatan tersebut mencakup siswa SD, SMP, SMA, organisasi kemasyarakatan dan lintas sektor di wilayah kerja Puskesmas. Total peserta masing-masing Puskesmas bervariasi, antara 200 – 500 orang. Pelaksanaan cuci tangan bersamapun bervariasi, ada yang menggunakan tempat air khusus, selang air dan ada pula yang memanfaatkan botol air mineral untuk tempat airnya, disesuaikan dengan kondisi lokal setempat.

BACA JUGA:  Wujudkan Generasi Anak Indonesia Sehat, Puskesmas Pulau Merbau Rutin Lakukan Pembinaan UKS
Senam Pagi HCTS Kotim 2019

Peserta kegiatan CTPS tersebut umumnya sangat antusias dan terkesan dengan kegiatan yang dilaksanakan. Bahkan beberapa Puskesmas secara spontan ada yang memberikan doorprize kepada pesertanya.

Acara yang dilaksanakan pada kegiatan tersebut antar masing-masing Puskesmas bervariasi, secara umum terdiri dari senam, seremoni acara, penyuluhan manfaat cuci tangan dan cuci tangan bersama.

Pada sebagian Puskesmas, tidak melaksanakan senam, tetapi jalan sehat sambil mengumpulkan sampah yang ditemui. Ada pula Puskesmas yang melakukan kegiatan terpadu dengan penyuluhan kecacingan dan filariasis serta pemberian obat cacing dan filariasis, penyuluhan dan pemberian tablet tambah darah.

Cuci Tangan Pakai Sabun Dinkes Kab Kotim

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Timur melalui Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Erdiana, SKM., M.Si. menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam upaya memeriahkan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun sedunia Tahun 2019.

BACA JUGA:  Bakti Sosial, Himakesmas STIKes BHM Madiun Ajari CTPS di SD Ini

Disamping itu, sebagai upaya mengingatkan masyarakat akan pentingnya Cuci Tangan Pakai Sabun untuk mencegah Penyakit Kecacingan, Diare/Muntaber, Tipes, Influenza dan Penyakit Kulit.

Peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia Kotim 2019

Beliau juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya untuk Puskesmas yang menyelenggarakan penggerakan massa untuk CTPS. Mau Sehat? Ayo Cuci Tangan di waktu yang tepat.

Sharing is caring!

(Visited 107 times, 1 visits today)