You are here
Home > Puskesmas > Puskesmas Jagoi Babang Gelar Screening HIV

Puskesmas Jagoi Babang Gelar Screening HIV

Puskesmas Jagoi Babang Gelar Screening HIV

Bhekti Noor Fitriani, SKM

Staf Promkes di PKM Jagoi Babang, Bengkayang
Nusantara Sehat #2

Sharing is caring!

Bengkayang – Kamis, 3/8, Puskesmas Jagoi Babang gelar kegiatan VCT (Voluntary Counseling dan Testing) HIV dengan sasaran seluruh masyarakat Kecamatan Jagoi Babang, khususnya ibu hamil, ibu rumah tangga, dan PSK.

Secara harfiah VCT artinya adalah Tes dan Konseling sukarela. Tetapi ini adalah kegiatan konseling bersifat sukarela dan rahasia, yang dilakukan oleh seorang konselor VCT yang terlatih, yang dilakukan sebelum dan sesudah test darah untuk HIV di laboratorium. Tes HIV dilakukan setelah klien terlebih dulu menandatangani inform consent (surat persetujuan tindakan).

BACA JUGA:  Bukan Ajarkan Cara Seks Bebas, Tapi Sebagai Ilmu Menjaga Kesehatan Reproduksi Remaja

VCT ini penting untuk dapat mengakses ke semua layanan yang dibutuhkan terkait pencegahan dan pengobatan HIV, AIDS, juga karena memberikan dukungan untuk kebutuhan kliennya seperti perubahan perilaku, dukungan mental, dukungan terapi ARV, dan pemahaman yang benar dan faktual tentang HIV, AIDS.

VCT bisa didapat di tempat layanan kesehatan atau klinik yang menyediakan layanan VCT, puskesmas, dan RS.

VCT ini dibutuhkan oleh semua orang yang ingin melakukan tes HIV dan untuk orang yang pernah melakukan tindakan maupun perilaku beresiko terjagkit HIV seperti aktifitas seksual, tindik tatoo, konsumsi narkoba melalui jarum suntik dan salin lain dan ingin melakukan sesuatu untuk masa depannya.

Kegiatan VCT di Puskesmas Jagoi Babang terlaksana kerjasama antara Puskesmas Jagoi Babang, RS Abdul Aziz Singkawang, dan dr.Ruth dari Klinik Mawar, RS Bethesda Serukam.

BACA JUGA:  Bukan Ajarkan Cara Seks Bebas, Tapi Sebagai Ilmu Menjaga Kesehatan Reproduksi Remaja

Kegiatan yang berlangsung selama kurang lebih 7 jam dengan peserta hampir mencapai 100 orang dalam satu hari ini, dilakukan dengan pengambilan darah yang selanjutnya dilakukan uji laboratorium.

Harapannya dengan adanya VCT HIV ini maka dapat terdeteksi secara dini penyakit yang dapat mengancam nyawa penderitanya sehingga dapat diobati dan ditangani lebih awal.

Sharing is caring!

(Visited 30 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Top