PKM Kalosi Sosialisasi DAGUSIBU & Tanya 5 O di SMKN 1 Enrekang
PKM Kalosi kembali turun melakukan sosialisasi informasi seputar obat, Selasa 16 April 2019 di SMKN 1 Enrekang, Kec Alla, Kabupaten Enrekang.

Dalam upaya meningkatkan kepedulian, kesadaran, pemahaman, dan keterampilan masyarakat dalam menggunakan obat secara tepat, termasuk pada anak-anak sekolah sebagai salah satu sasaran kegiatan, Puskesmas Kalosi kembali turun melakukan sosialisasi informasi seputar obat, Selasa 16 April 2019 di SMKN 1 Enrekang, Kec Alla, Kabupaten Enrekang.

BACA JUGA:  Puskesmas Pelangiran Sosialisasi 5 "O" Kepada Masyarakat

Kegiatan ini sekaligus sebagai bentuk dukungan terhadap Program Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (GeMa CerMat) yang telah dicanangkan Menteri Kesehatan RI pada tanggal 13 November 2015 berdasarkan surat Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor HK.02.02/Menkes/427/2015.

Bertempat di Aula SMK Negri 1 Enrekang yang lapang, penyuluhan kali ini mengangkat tema DAGUSIBU (DApatkan, GUnakan, SImpan, Buang) dan Tanya 5 O. Dihadapan sekitar seratusan siswa, Apoteker PKM Kalosi memberikan edukasi tentang bagaimana mendapatkan obat; yaitu di fasilitasi kefarmasian yang resmi seperti apotek,bagaimana menggunakan obat dengan tepat; yaitu sesuai aturan baik yang tertera pada wadah, etiket maupun petunjuk yang telah disampaikan oleh Apoteker.

Berikutnya tentang bagaimana penyimpanan obat yang sesuai; yaitu menyimpan berdasarkan suhu dan petunjuk yang terdapat pada kemasan maupun wadah obat. Kebanyakan obat tidak boleh terpapar oleh sinar matahari, disimpan pada tempat tertutup, dan kering, selain itu harus aman dari jangkauan anak-anak. Untuk obat yang telah rusak dan kedaluwarsa, juga harus dibuang sesuai aturan agar tidak disalahgunakan dan mencemari lingkungan.

BACA JUGA:  Lewat Pengajian, PKM Kalosi Ajak Masyarakat Ikut Gema Cermat

Paparan selanjutnya menjelaskan tentang tagline Tanya 5O, yaitu hal yang perlu ditanyakan kepada Apoteker pada saat mendapatkan obat, meliputi:
1. Obat ini apa nama dan Kandungannya?
2. Obat ini apa khasiatnya?
3. Obat ini berapa dosisnya?
4. Obat ini bagaimana cara menggunakannya?
5. Obat ini apa efek sampingnya?

Setelah mengikuti kegiatan ini, diharapkan para siswa di SMKN 1 Enrekang, dapat mengaplikasikan materi yang telah disampaikan dalam kehidupan sehari-hari, sekaligus disebarkan kepada orang-orang disekitarnya baik di lingkungan sekolah maupun keluarga.

Sharing is caring!

(Visited 333 times, 1 visits today)