PATUH & CERDIK, Kunci Masyarakat Hidup Sehat
Tindaklanjuti hasil pendataan PIS PK, Puskesmas Mamburungan adakan pemeriksaan kesehatan gratis untuk warga.

Menindaklanjuti hasil kunjungan rumah Program Indonesia Sehat dengan Pedekatan Keluarga (PIS PK) ditemukan adanya beberapa warga yang menderita Hipertensi tetapi tidak memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan dan tidak minum obat teratur, maka Kepala Puskesmas Mamburungan, dr. Nor Hasanah mengajak warga melakukan pemeriksaan kesehatan gratis pada hari minggu tanggal 24 Februari 2019 di RT 5 Kelurahan Kampung Enam, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan.

Pemeriksaan Kesehatan Gratis ditujukan untuk seluruh wargaRT 5 Kelurahan Kampung Enam yang merupakan wilayah binaan Tim Perkesmas Terpadu (Dokter, Perawat, Petugas Kesehatan Lingkungan, Surveilans, Gizi, KIA, dan Petugas Promosi Kesehatan) Puskesmas Mamburungan. Yang menjadi sasaran kegiatan adalah warga dengan usia ≥15 tahun.

Pemeriksaan Kesehatan, Puskesmas Mamburungan

Mengawali kegiatan dilakukan senam yang diikuti oleh Bapak Ir. H. Subono, MT Kepala Dinas Kesehatan Kota Tarakan, Kepala Puskesmas Mamburungan, Lurah Kampung Enam, Ketua RT 5, Kader serta seluruh warga Rt. 5 Kel. Kampung Enam.

Selanjutnya dilaksanakan penyuluhan Hipertensi yang disampaikan oleh dr. Putri Dian Vitasari kemudian warga melakukan pemeriksaan berat badan, tinggi badan, lingkar perut, tekanan darah serta skrining dan pemeriksaan penyakit tidak menular dan malaria.

Dilakukan pula konsultasi dan pemeriksaan oleh dokter serta KIE bagi warga yang hasil pemeriksaannya memiliki faktor resiko menderita penyakit.

Kegiatan berlangsung dari pukul 07.00 – 13.00 wita. Seluruh warga antusias dan rela antri untuk melakukan pemeriksaan sehingga kegiatan dapat berjalan dengan lancar.

Dengan terlaksananya kegiatan ini, diharapkan seluruh warga bisa peduli dengan kesehatannya dan menerapkan sikap PATUH (Periksa kesehatan secara rutin dan ikuti anjuran dokter, Atasi penyakit dengan pengobatan yang tepat dan teratur, Tetap diet sehat dengan gizi seimbang, Upayakan beraktivitas fisik yang aman, Hindari rokok, alkohol dan zat karisogenik) dan perilaku CERDIK (Cek kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin olah raga/Aktivitas Fisik, Diet sehat dengan kalori seimbang, Istiraht yang cukup, Kelola stress) menuju masyarakat mandiri di bidang kesehatan.

Puskesmas Mamburungan, Germas

Penulis:
Rabiah.M, SKM
Petugas Promosi Kesehatan
Puskesmas Mamburungan
Kota Tarakan, Kalimantan Utara

Sharing is caring!

(Visited 140 times, 1 visits today)