Puskesmas Mrebet Launching Program DUBAY PEDAS

Puskesmas Mrebet Launching Program “DUBAY PEDAS”, Dukun Bayi Peduli ASI

Puskesmas Mrebet melalui program Kesehatan Ibu dan Anak menyelenggarakan gathering dukun bayi dan bidan dalam upaya pembinaan dukun bayi sebagai mitra bidan.

Selain itu kegiatan ini juga merupakan launching salah satu inovasi dalam upaya peningkatan cakupan ASI Ekslusif di wilayah kerja Puskesmas Mrebet yang diberi mama DUBAY PEDAS (Dukun Bayi Peduli ASI).

Bidan dan Dukun Bayi Gathering bersama Puskesmas Mrebet

Acara yang digagas oleh para bidan Puskesmas Mrebet digelar di Wanawisata Baturaden pada Rabu (17/7) terpusat di Botanical Baturaden Garden yang merupakan tempat konservasi tanaman obat tradisional.

Kegiatan ini juga merupakan upaya pengembangan Kesehatan Tradisional berupa pengenalan tanaman obat tradisional kepada dukun bayi dan bidan desa. Kolaborasi kesehatan tradisional oleh dukun bayi melalui pijat oksitosin dan jamu uyub-uyub yang terdiri dari belasan tanaman obat tradisional untuk ibu nifas menyusui yang menjadi dampingan bidan dan dukun bayi agar ASI yang dihasilkan para ibu bisa banyak dan berkualitas.

Rahayu Puji Astuti, kepala Puskesmas Mrebet

Launching inovasi Dubay Pedas diawali dengan sambutan Kepala Puskesmas Mrebet, drg. Rahayu Puji Astuti dilanjutkan penjelasan tentang pentingnya ASI Eksklusif dan upaya pengingkatannya, serta penggalangan komitmen dukun bayi dan bidan desa untuk meningkatkan mutu pelayanan kepada ibu hamil, nifas dan menyusui ditandai dengan penandatanganan komitmen.

Dalam kegiatan ini juga disampaikan sosialisasi Cuci Tangan Pakai Sabun terkait dengan sebelum dan sesudah perawatan pada bayi dan ibu oleh sanitarian dan petugas promkes. Acara ditutup dengan foto dan makan bersama seluruh peserta. Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat dalam meningkatkan cakupan ASI Eksklusif dan kesehatan ibu dan bayi.

Dukun Bayi Peduli ASI

Yuk Share Postingan Ini:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Topik Populer


Akreditasi Puskesmas BPJS Kesehatan Dana Desa DBD Dinkes Kab Enrekang Dinkes Kab Indramayu Dinkes Kab Tasikmalaya FKM Unand FKM Undip FKM Unhas Germas Gizi Buruk Hipertensi Imunisasi Imunisasi MR Kader Posyandu Kemenkes Kemenkes RI Kesehatan Lingkungan Kesehatan Masyarakat Kesehatan Remaja Kesehatan Reproduksi Mahasiswa Kesmas Nusantara Sehat PBL Pencerah Nusantara Pengabdian Masyarakat Penyuluhan Kesehatan PHBS Posyandu Posyandu Remaja Prodi Kesehatan Masyarakat Prodi Kesmas Promkes Promosi Kesehatan Puskesmas Puskesmas Krangkeng Seminar Kesehatan Seminar Nasional STBM STIKes Kuningan Stunting TBC Tenaga Kesehatan Tuberkulosis