Puskesmas Mrebet Launching Program DUBAY PEDAS
Puskesmas Mrebet melalui program Kesehatan Ibu dan Anak menyelenggarakan gathering dukun bayi dan bidan dalam upaya pembinaan dukun bayi sebagai mitra bidan sekaligus launching Program "DUBAY PEDAS", Rabu (17/7).

Puskesmas Mrebet melalui program Kesehatan Ibu dan Anak menyelenggarakan gathering dukun bayi dan bidan dalam upaya pembinaan dukun bayi sebagai mitra bidan.

Selain itu kegiatan ini juga merupakan launching salah satu inovasi dalam upaya peningkatan cakupan ASI Ekslusif di wilayah kerja Puskesmas Mrebet yang diberi mama DUBAY PEDAS (Dukun Bayi Peduli ASI).

BACA JUGA:  Giat Rutin SBH Mrebet Diisi Latihan Bantuan Hidup Dasar dari PSC 119

Bidan dan Dukun Bayi Gathering bersama Puskesmas Mrebet

Acara yang digagas oleh para bidan Puskesmas Mrebet digelar di Wanawisata Baturaden pada Rabu (17/7) terpusat di Botanical Baturaden Garden yang merupakan tempat konservasi tanaman obat tradisional.

Kegiatan ini juga merupakan upaya pengembangan Kesehatan Tradisional berupa pengenalan tanaman obat tradisional kepada dukun bayi dan bidan desa. Kolaborasi kesehatan tradisional oleh dukun bayi melalui pijat oksitosin dan jamu uyub-uyub yang terdiri dari belasan tanaman obat tradisional untuk ibu nifas menyusui yang menjadi dampingan bidan dan dukun bayi agar ASI yang dihasilkan para ibu bisa banyak dan berkualitas.

Rahayu Puji Astuti, kepala Puskesmas Mrebet

Launching inovasi Dubay Pedas diawali dengan sambutan Kepala Puskesmas Mrebet, drg. Rahayu Puji Astuti dilanjutkan penjelasan tentang pentingnya ASI Eksklusif dan upaya pengingkatannya, serta penggalangan komitmen dukun bayi dan bidan desa untuk meningkatkan mutu pelayanan kepada ibu hamil, nifas dan menyusui ditandai dengan penandatanganan komitmen.

BACA JUGA:  Launching POSIGA SEHAT Posyandu Remaja Desa Kradenan

Dalam kegiatan ini juga disampaikan sosialisasi Cuci Tangan Pakai Sabun terkait dengan sebelum dan sesudah perawatan pada bayi dan ibu oleh sanitarian dan petugas promkes. Acara ditutup dengan foto dan makan bersama seluruh peserta. Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat dalam meningkatkan cakupan ASI Eksklusif dan kesehatan ibu dan bayi.

Dukun Bayi Peduli ASI

Sharing is caring!

(Visited 141 times, 1 visits today)