Puskesmas Orong Lakukan Tes Kebugaran Jantung dan Paru Untuk Staf Puskesmas

Puskesmas Orong Lakukan Tes Kebugaran Jantung dan Paru Untuk Staf Puskesmas
Orong (02/03/2018), Senam rutin yang dilakukan setiap hari Jum’at pagi di UPTD Puskesmas Orong merupakan salah satu kegiatan membudayakan GERMAS di lingkungan kerja.

Orong (02/03/2018), Senam rutin yang dilakukan setiap hari Jum’at pagi di UPTD Puskesmas Orong merupakan salah satu kegiatan membudayakan GERMAS di lingkungan kerja.

Berbeda dengan Jum’at sebelum-sebelumnya, Jum’at 02 Maret 2018 pegawai UPTD Puskesmas Orong melakukan kegiatan tes kebugaran jantung dan paru sebagai upaya untuk menjaga kebugaran jantung dan paru setiap pegawai. Ini juga merupakan tindak lanjut pasca dilakukannya pelatihan Kesehatan Kerja Dan Olah Raga (KESJAOR) di Dinas Kesehatan Manggarai Barat, NTT.

BACA JUGA:  Capaian 5 Pilar STBM Dinyatakan 100%, Rehak Siap Deklarasi Desa STBM

Kegiatan yang dimulai pada jam 07.30 WITA di halaman UPTD Puskesmas Orong ini diawali dengan pengisian form data diri yang meliputi pengukuran Nadi, Tekanan darah, Berat badan, Tinggi badan dll dari pegawai UPTD Puskesmas Orong.

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan pemanasan selama 10 menit dipandu oleh Ibu Yustina Florida Jeharu yang kerap disapa dengan panggilan Ibu Tini selaku Sanitarian dan penanggung jawab K3 UPTD Puskesmas Orong.

Staf Puskesmas Orong

Setelah pemanasan dirasa cukup, tes kebugaran jantung dan paru dipimpin langsung oleh Ibu Patrisia Sinatri Murti selaku kepala UPTD Puskesmas Orong dengan melakukan kegiatan jalan cepat atau jogging dengan menempuh rute yang sudah ditentukan sepanjang 1,6 km.

BACA JUGA:  Budayakan GERMAS, Pegawai Puskesmas Orong Lakukan Senam Bersama

Beberapa pegawai melakukannya dengan jalan cepat dan beberapa pegawai lain melakukannya dengan cara jogging, sesuai dengan kemampuan masing-masing pegawai sehingga semua sampai di garis finish.

Sampai di garis finish, 4 orang yang sebelumnya sudah ditunjuk sebagai tim pencatat dan timer langsung mencatat capaian waktu dari setiap pegawai, yang kemudian hasilnya akan di hitung untuk mengetahui kebugaran jantung-paru masing-masing pegawai sesuai jenis kelamin.

“Ini akan kita lakukan rutin setiap 3 bulan sekali sebagai langkah menjaga kebugaran jantung dan paru pegawai UPTD Puskesmas Orong” kata Ibu Yustina Florida Jeharu selaku Sanitarian dan penanggungjawab K3 UPTD Puskesmas Orong.

Sharing is caring!

(Visited 235 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *