Puskesmas Sanur Lakukan Pelayanan Kesehatan Masyarakat yang Tinggal di Perbatasan

Puskesmas Sanur Lakukan Pelayanan Kesehatan Masyarakat yang Tinggal di Perbatasan

Nunukan – Petugas Puskesmas Sanur melakukan kegiatan Posbindu PTM, Pobindu Lansia, Posyandu Balita serta Ibu Hamil yang dilaksanakan di Desa Balitikon Kec Tulin Onsoi Kab Nunukan Kalimantan Utara.

Perlu diketahui, jarak tempuh dari Puskesmas sekitar 1 jam menuju Desa Balatikon. Desa ini merupakan desa paling ujung dari wilayah kerja Puskesmas Sanur, berbatasan langsung dengan Malaysia.

Kegiatan ini rutin dilakukan setiap bulan di wilayah kerja Puskesmas Sanur yang terdiri 12 desa, dan didukung pemerintah desa melalui alokasi 10% ADD (Alokasi Dana Desa), seperti pengadaan alkes dan stik lab sederhana.

Kegiatan dimulai sejak 8.30 WITA diikuti oleh warga yang berusia 15 tahun keatas, lansia 45 tahun keatas, bayi dan balita serta ibu hamil yang ada disana.

Kegiatan Posbindu PTM (Penyakit Tidak Menular) adalah deteksi dini penyakit tidak menular kepada masyarakat dengan cara dilakukan pemeriksaan tinggi badan berat badan tekanan darah, lingkar perut dan pemeriksaan laboratorium sederhana seperti pemeriksaan gula darah, kolestrol, asam urat, serta dilakukan konseling tentang masalah kesehatan yang di alami peserta posbindu PTM.

Posbindu lansia adalah dilakukan pemeriksaaan dan pemberian pengobatan, dan untuk kegiatan Posyandu di lakukan pemeberian imunisasi dan penimbangan. Untuk ibu hamil dilakukan senam hamil dan pemeriksaan.

Dengan diselenggarakan kegiatan ini, harapan kami agar masyarakat sadar betapa pentingnya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan mereka mau menjaga kesehatan sebaik mungkin sebelum mereka sakit, serta datang kepelayanan kesehatan terdekat untuk memeriksakan kesehatan.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Topik Populer


Akreditasi Puskesmas BPJS Kesehatan Dana Desa DBD Dinkes Kab Enrekang Dinkes Kab Indramayu FKM UI FKM Unand FKM Undip FKM Unhas Germas Gizi Buruk Hipertensi Imunisasi Imunisasi MR Kemenkes Kemenkes RI Kesehatan Lingkungan Kesehatan Masyarakat Kesehatan Remaja Kesehatan Reproduksi Mahasiswa Kesmas Nusantara Sehat PBL Pencerah Nusantara Pengabdian Masyarakat Penyakit Tidak Menular Penyuluhan Kesehatan PHBS Posyandu Posyandu Remaja Prodi Kesehatan Masyarakat Prodi Kesmas Promkes Promosi Kesehatan Puskesmas Puskesmas Krangkeng Seminar Kesehatan Seminar Nasional STBM STIKes Kuningan Stunting TBC Tenaga Kesehatan Tuberkulosis