You are here
Home > Inspirasi Kesmas > Refleksi Pelantikan Laskar Nusantara Sehat

Refleksi Pelantikan Laskar Nusantara Sehat

Refleksi Pelantikan Laskar Nusantara Sehat

Sharing is caring!

Belum genap satu tahun peluncuran Laskar Nusantara Sehat  di Kecamatan Kateman sudah kembali melantik kadernya lagi.

Pelantikan Laskar Nusantara Sehat di Kuala Selat dilakukan 30 Juli lalu, dan dilantik 12 Agustus 2017 kemarin di Aula Puskesmas Sungai Guntung. Pelantikan ini dilakukan untuk melanjutkan program Team Based  Nusantara Sehat penempatan UPT Puskesmas Sungai Guntung yang sudah digalakkan setahun lebih.

BACA JUGA:  Tim Nusantara Sehat Puskesmas Wedomu Gelar Posyandu Remaja di Dusun Aitaman

Lantas, setelah dilantik, apa saja tugas laskar nusantara sehat?

Program khusus untuk anak remaja atau lebih tepatnya Siswa/Siswi SMA/SMK/MA serta SMP/MTs  merupakan jawaban atas kebutuhan kesehatan di lingkungan sekolahnya. Mereka dipilih untuk mewakili setiap sekolah untuk menjadi contoh kader kesehatan. Atau seperti perpanjangan tangan nakes  puskesmas untuk memberikan pendampingan kesehatan.

”28 Oktober 2016 yang lalu, kami UPT Puskesmas Sungai Guntung telah melakukan launching (peluncuran) Laskar Nusantara Sehat yang bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda. Bertempat di Lapangan Balai Rakyat Kecamatan Kateman yang disaksikan oleh Fokipimcam (Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan), Guru, serta masyarakat umum.” Kata Kapus Zainuddin, SKM

Tujuan pelantikannya kepada siswa/siswi yang terpilih bisa menjadi pendamping atau konselor bagi rekan-rekannya di sekolah dan di lingkungan tempat tinggalnya terkait dengan masalah-masalah  kesehatan atau bisa juga menjadi teman curhat konseling kesehatan.

BACA JUGA:  Ini Aksi Nyata Kami Tim Nusantara Sehat PKM Nualain Dari Batas Timor Leste - Indonesia

Pelatihan Laskar Nusantara Sehat Sungai Guntung

“Kami sangat mendukung langkah Nusantara Sehat untuk mengadakan kegiatan positif seperti ini di Kecamatan Kateman. Hal ini dapat meningkatkan pengetahuan tentang kesehatan kepada siswa-siswi sekolah.“ Kata Kamren, S.Sos, Msi Camat Kecamatan Kateman

Besar harapan Team  Based Nusantara Sehat yang 2 bulan efektif waktu selesai penugasan, laskar nusantara sehat ini dapat memberikan perubahan sebagai kader yang melanjutkan inovasi kesehatan di sekolahnya. Tentunya mereka sudah dilatih dari kegiatan rutin yang telah dilakukan semasa bertugas di UPT Puskesmas Sungai Guntung.

Sharing is caring!

(Visited 72 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Top