RS Roemani Muhammadiyah Semarang Gelar Refresh Pasien Suporter

RS Roemani Muhammadiyah Semarang Gelar Refresh Pasien Suporter

RS Roemani Muhammadiyah Semarang, Sabtu 23 Oktober 2021 melaksanakan kegiatan Refresh Pasien Suporter (PS) di Hotel Gumaya Semarang. Kegiatan ini berlangsung dengan adanya program Mentari TB di RS Roemani yang didukung oleh USAID dan MPKU Pusat.

Menjadi peserta dalam kegiatan tersebut 9 orang relawan PS yang bertugas mendampingi pasien TBC RO di RS Roemani. PS yang ada ini berlatar belakang pendidikan bermacam-macam tetapi mempunyai semangat yang sama untuk menjadi relawan pendamping pasien.

Kegiatan ini dilakukan secara berkala untuk menambah pembekalan keilmuan dan ketrampilan terkait layanan TBC khususnya TBC RO bagi Tim PS. Materi yang diberikan dalam kegiatan ini seperti Teknik Penulisan Laporan Pendampingan oleh Manajer M&E, Tenik Pengambilan Gambar/ Foto/ Video dengan Handphone , Investigasi Kontak.

Kegiatan dibuka langsung oleh dr. Asdiyati Selaku Direktur Layanan Medis RS Roemani. Dalam sambutannya beliau menyampaikan terima kasih kepada semua PS semoga pasien menjadi terbantu dengan adanya PS. Beliau juga menyampaikan semoga PS tidak merasa lelah semangat terus melayani pasien.

Hadir pula dalam kesempatan tersebut Diah Lestari, SKM, MM selaku Program Spesialis Mentari TB Pusat beliu menyampaikan apa saja yang menjadi kendala selama menjadi PS nanti akan dicarikan solusi selama menjalankan program.

dr. Muchamad Abdul Hakam, Sp.PD selaku Kadinkes Kota Semarang menyampaikan tentang materi Investigasi kontak (IK)  dimana kegiatan IK ini sangat penting  untuk mendeteksi secara dini dan sistematis terhadap orang kontak erat pasien TBC.

IK dilakukan melalui kolaborasi layanan Kesehatan dengan komunitas yang ada di masyarakat seperti kader, PMO dan PS. Selain itu menurunnya angka TBC karena pandemi covid ini harus diteliti lebih lanjut apakah memang angka kasus TBC turun atau malah belum tercatat.


Penulis :
Nurdiansyah, S.KM
Manajer Kasus TB RS Roemani Muhammadiyah Semarang


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Topik Populer


Akreditasi Puskesmas BPJS Kesehatan Dana Desa DBD Dinkes Kab Enrekang Dinkes Kab Indramayu FKM UI FKM Unand FKM Undip FKM Unhas Germas Gizi Buruk Hipertensi Imunisasi Imunisasi MR Kemenkes Kemenkes RI Kesehatan Lingkungan Kesehatan Masyarakat Kesehatan Remaja Kesehatan Reproduksi Mahasiswa Kesmas Nusantara Sehat PBL Pencerah Nusantara Pengabdian Masyarakat Penyakit Tidak Menular Penyuluhan Kesehatan PHBS Posyandu Posyandu Remaja Prodi Kesehatan Masyarakat Prodi Kesmas Promkes Promosi Kesehatan Puskesmas Puskesmas Krangkeng Seminar Kesehatan Seminar Nasional STBM STIKes Kuningan Stunting TBC Tenaga Kesehatan Tuberkulosis