Sabtu, 24 Agustus 2019, dalam rangka Menyongsong Grand Opening dan HUT RI ke 74, RS UII bekerjasama dengan PMI Yogyakarta mengadakan acara Donor Darah.

Sabtu, 24 Agustus 2019, dalam rangka Menyongsong Grand Opening dan HUT RI ke 74, RS UII bekerjasama dengan UPTD Palang Merah Indonesia (PMI) Yogyakarta mengadakan acara Donor Darah bertema, “Setetes Darah Kita, Berarti Buat Mereka”.

Dari data yang diperoleh, peserta donor darah terdiri dari karyawan Rumah Sakit UII sendiri dan tokoh masyarakat sekitar RS UII, serta masyarakat dari luar daerah Bantul.

BACA JUGA:  Peringati Hari Kanker, PAMI Lampung Gandeng PMI Gelar Donor Darah

Bagi peserta yang akan mengikuti donor darah diarahkan untuk mengisi data terlebih dahulu, dimana isi data tersebut meliputi identitas calon pendonor darah, riwayat penyakit, kondisi saat ini pendonor darah serta persetujuan tindakan untuk dilakukan donor darah. Formulir tersebut disediakan oleh pihak PMI.

Setelah pengisian formulir donor tersebut, calon pendonor dilakukan cek Hb (Hemoglobin). Selanjutnya calon pendonor darah dilakukan cek tekanan darah. Cek tekanan darah penting karena dari cek tekanan darah tersebut dapat diketahui pula kondisi kesehatan jantungnya.

Untuk syarat donor darah sendiri, berdasarkan adalah sebagai berikut :

  • Usia 17-60 tahun (usia 17 tahun diperbolehkan menjadi donor bila mendapat izin tertulis dari orang tua)
  • Berat badan minimal 45 kg
  • Temperatur tubuh 36,6 – 37,5 derajat Celcius
  • Tekanan darah baik yaitu sistole = 110-160 mmHg, diastole = 70-100 mmHg
  • Denyut nadi teratur yaitu sekitar 50-100 kali/menit
  • Hemoglobin perempuan minimal 12 gram, sedangkan untuk laki-laki minimal 12,5 gram
  • Jumlah penyumbangan per tahun paling banyak 5 kali
  • Dengan jarak penyumbangan sekurang-kurangnya 3 bulan
  • Calon donor dapat mengambil dan menandatangani formulir pendaftaran, lalu menjalani pemeriksaan pendahuluan, seperti kondisi berat badan, HB, golongan darah, dan dilanjutkan dengan pemeriksaan dokter.
BACA JUGA:  Tingkatkan Kualitas Pelayanan, RS UII Siapkan Pokja Akreditasi Rumah Sakit

Jika calon pendonor memenuhi syarat, maka pendonor bisa langsung menempati tempat khusus untuk donor darah. Posisi saat donor dilakukan adalah berbaring, atau setengah berbaring. Yang jelas, pendonor tidak dalam posisi duduk apalagi berdiri. Untuk tindakan donor darah sendiri tidak berlangsung lama, donor darah dilakukan 10 – 15 menit saja.

Setelah donor darah selesai dilakukan, peserta donor darah menerima bingkisan dari PMI serta dari RS UII, dimana isinya berupa Obat Vitamin penambah darah, makanan dan souvenir.
Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat menjadi wadah untuk meningkatkan rasa kepedulian sosial terhadap orang lain yang membutuhkan.

Sharing is caring!

(Visited 56 times, 1 visits today)