Rumah Sehat Baznas Sidoarjo Berikan Edukasi Kesehatan Kepada Anak Jalanan Bersama Komunitas SSC

Beberapa waktu lalu Rumah Sehat Baznas Sidoarjo melalui tim Layanan Luar Gedung (LLG) melakukan kegiatan program “Komunitas Sehat (KOMAT)”. Program ini dilakukan di Alun-alun Kabupaten Sidoarjo. Saat ini kegiatan program tersebut menyasar pada anak jalanan.

Pada kegiatan tersebut tim LLG melakukan sinergi dengan komunitas SSC. Mungkin sudah tidak asing lagi mendengar komunitas tersebut. Komunitas SSC (Save Street Child) merupakan salah satu komunitas yang diisi oleh generasi millenials yang peduli akan kesejahteraan anak jalanan.

SSC pun memiliki banyak kegiatan bersama anak jalanan untuk membantu mereka hidup lebih sejahtera. Kegiatan mereka biasa dilakukan pada hari sabtu dan minggu. Biasanya kegiatannya berupa belajar mata pelajaran akademis bersama, mengasah kemampuan ketrampilan diri dan lain-lain.

Komunitas Sehat (KOMAT) Rumah Sehat Baznas Sidoarjo

Kegiatan kali ini dengan adanya sinergi bersama Rumah Sehat Baznas Sidoarjo. Selain mendapatkan pelajaran akademis, melalui Rumah Sehat Baznas anak jalanan bisa mendapatkan pelayanan dan edukasi kesehatan. Hal ini bertujuan agar mereka mampu berprilaku hidup bersih dan sehat.

Pada pertemuan hari Sabtu tanggal 30 November 2019 tim LLG memberikan edukasi kesehatan yang bertema “Pejuang Jalanan Bebas NAPZA”.

“Kenapa kata pejuang yang kami ambil?? Karena kami tahu bahwa mereka hidup dijalanan penuh dengan perjuangan yang cukup besar. Sehingga dengan begitu semangat pejuang bisa tertanam di diri mereka untuk berjuang meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan mereka.” Ujar Yazid Albustomi salah satu Ahli Kesmas Rumah Sehat Baznas Sidoarjo.

Edukasi Kesehatan Komunitas Anak Jalanan Bahaya NAPZA

Maraknya peningkatan pengedar dan pengguna yang menjerat anak-anak muda Indonesia tertutama anak jalanan. Sebab pada kelompok mereka adalah paling mudah dipengarui, mungkin karena beberapa dari mereka kurang faham tentang bahaya jeratan NAPZA. NAPZA juga bisa menjadi pemicu munculkan kejahatan.

Selain itu, kegiatan ini diharapkan bisa menjadi salah satu dorongan bagi generasi muda seperti anak-anak binaan SSC berani berkata #StopNAPZA untuk menuju generasi muda BEBAS NAPZA. Serta mereka juga bisa menjadi media peer education untuk teman-teman sebaya mereka.

Komunitas SSC Bersama LLG RUmah Sehat Baznas Sidoarjo

Yuk, #SahabatSehatBAZNAS terus dukung gerakan generasi muda untuk dalam memerangi NAPZA untuk mewujudkan generasi muda BEBAS NAPZA dengan berprilaku hidup bersih dan sehat.

Sharing is caring!

(Visited 98 times, 1 visits today)