Sambut Peluang Kerja di Bidang Informatika, STMIK Horizon Karawang Siapkan Fasilitas

Dilansir dari laman Direktorat Jenderal Vokasi Kemendikbud, Direktur PT LX Internasional Indonesia, Michael Choi menganalisa seiring berkembangnya industri digital dan game, diperkirakan Indonesia dalam waktu yang akan datang tentu memerlukan SDM unggul di bidang industri game.

Bahkan, “Menurut analisa kami dalam 5 sampai 10 tahun ke depan, Indonesia akan memerlukan 15 juta coding engineer,” tambah Michael dalam kesempatan penandatangan kerja sama dengan PT LX Internasional Indonesia, Asosiasi Game Indonesia (AGI), serta Cipta Karsa Adikarya (CAKRA) pada tanggal 5 Januari lalu.

Hal tersebut membuktikan bahwa peluang kerja lulusan informatika terbuka sangat lebar di era revolusi industri 4.0 ini. Tentu saja, bagi kaum muda yang ingin memanfaatkan peluang tersebut dapat memilih jurusan komputer/informatika ketika melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi setelah SMA.

BACA JUGA:  FKM Unhas Gelar Seminar Nasional Politik Kesehatan Pro Orang Sehat

Namun perlu dicermati juga bahwa teknologi yang ada terus berkembang seiring pesatnya perkembangan industri 4.0. Hal itu memerlukan kecermatan dalam memilih kampus yang menyediakan jurusan informatika. Perlu dipastikan bahwa kampus yang dipilih mengajarkan pengetahuan up to date yang memang diperlukan oleh dunia industri masa kini dan bukan sesuatu yang sudah usang.

Tentu saja yang berpengaruh langsung terhadap hal tersebut adalah kurikulum. Kaum muda dapatmemastikan bahwa kurikulum yang diterapkan benar-benar terkait dengan kebutuhan dunia kerja masa kini. Lebih baik lagi jika kampus tersebut memiliki kemitraan dengan dunia industri sehingga setiap saat mendapat masukan yang berharga.

Namun hal tersebut tentu juga tidak akan maksimal tanpa fasilitas yang memadai. Salah satu kampus yang telah berbenah adalah STMIK Horizon Karawang yang menyediakan jurusan S1 Informatika, S1 dan D3 Sistem Informasi, serta D3 Sistem informasi Akutansi.

Walau Kampus yang berlokasi di di Jalan Pangkal Perjuangan Km.1 By Pass Karawang ini belum secara spesifik membuka peminatan game, namun saat ini sudah fokus pada fundamentalnya yaitu mobile apps, website developer, fullstack developer, UI/UX Design, System Analyst, Project Management, dan Audit.

BACA JUGA:  Inovasi Puding Sedot Labu Siam Atasi Hipertensi

“Untuk fasilitas sendiri saat ini sedang renovasi gedung STMIK, penambahan 3 lab baru, komputer dan teknologi baru,” jelas Rolles Herwin, S.Kom, MMSI, Ketua STMIK Horizon Karawang. Ia juga menambahkan bahwa ketiga lab tersebut nantinya akan diisi sekitar seratusan set PC canggih terbaru dengan full licensed software dan tools terbaru.

(Visited 69 times, 1 visits today)