You are here
Home > Inspirasi Kesmas > Sarasehan Capaian Program STBM Klaster Berdaya Desa Katongan

Sarasehan Capaian Program STBM Klaster Berdaya Desa Katongan

Sarasehan Capaian Program STBM Klaster Berdaya Desa Katongan

Sharing is caring!

Katongan, (28/8/2017), PKPU Cabang Yogyakarta laksanakan kegiatan sarasehan program sanitasi total berbasis masyarakat (STBM) klaster berdaya Desa Katongan yang bertujuan untuk menyampaikan capaian program selama 1 tahun.

Sarasehan tersebut dilaksanakan pada jam 13.00 WIB di Balai Desa Katongan yang dihadiri oleh Ibu Indiyah sarwiningsih, S.KM selaku Kasie Kesling Dinas Kesehatan Gunungkidul, Bapak Ashari Selaku Sanitarian Puskesmas Nglipar ll, Bapak Sutrisna selaku Kepala Desa Katongan, Bapak Muthori selaku Kepala Cabang PKPU Yogyakarta dan Kader klaster berdaya Desa Katongan.

BACA JUGA:  Kader Bersama Anggota Tabungan Jamban Pelopori Sedekah Sampah Di PKK

Kegiatan sarasehan di awali dengan sambutan oleh Bapak Suharto selaku Koordinator Kader yang menyampaikan perjalanan kader dalam mendampingi masyarakat, hingga akhirnya masyarakat mulai mau berubah sedikit demi sedikit.

“Alhamdulillah berkat kerjasama yang baik antara pemerintah desa Katongan, Puskesmas Nglipar II, kader klaster berdaya dan PKPU yang selalu mendampingi secara rutin hingga akhirnya kesehatan masyarakat mulai meningkat. ” ujar Pak Suharto selaku koordinator kader.

Selanjutnya penyampaian capaian program disampaikan langsung oleh Bapak Muthori selaku Kepala Cabang PKPU Yogyakarta yang pada kesempatan itu menyampaikan beberapa capaian program selama 1 tahun, diantaranya adalah pembangunan jamban yang mencapai 70% yaitu 131 KK membangun jamban sehat dari 186 KK yang awalnya belum memiliki jamban dengan target awal 10% pembangunan jamban sehat. Selain itu juga beberapa perubahan prilaku dari masyarakat yang mulai melaksanakan 5 Pilar STBM menjadi pembahasan menarik pada sarasehan tersebut.

BACA JUGA:  Bersinergi, Wujudkan Masyarakat Sehat

Dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Desa Katongan yang mengucapkan banyak terimakasih kepada PKPU yang sudah mendampingi masyarakat sehingga kesehatan masyarakat Desa Katongan mulai meningkat.

Dilanjutkan dengan sambutan dari Ibu Indiyah selaku Kasie Kesling Dinkes Gunungkidul yang memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada kader klaster berdaya Desa Katongan bersama PKPU yang sudah berhasil merubah pola hidup masyarakat secara bertahap. Beliau juga berharap agar dilaksanakan sarasehan rutin untuk mengetahui perkembangan program.

Sharing is caring!

(Visited 40 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Top