SBH Goes to School, Puskesmas Pasirian Jaring Anggota Baru SBH
Selain mengkampanyekan Kesehatan Remaja, Tim Promosi Kesehatan Puskemas Pasirian juga memperkenalkan program yang ada di Puskesmas, khususnya yang berkaitan dengan remaja yakni SAKA BAKTI HUSADA.

Moh. Riyan Basofi

Promkes Puskesmas Pasirian Lumajang
Moh. Riyan Basofi

Latest posts by Moh. Riyan Basofi (see all)

Penerimaan Peserta Didik Baru telah usai, kini saatnya mereka memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Tentunya untuk mengenalkan mereka dengan lingkungan yang baru dan tantangan yang baru pihak sekolah memberikan arahan yang merupakan upaya adaptif sehingga mereka dapat beradaptasi dengan lingkungan dan teman baru.

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), juga dikenal sebagai Masa Orientasi Siswa (MOS) atau Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPD), merupakan sebuah kegiatan yang umum dilaksanakan di sekolah setiap awal tahun ajaran guna menyambut kedatangan para peserta didik baru. Masa orientasi lazim dijumpai di tingkat SMP dan SMA. Hampir seluruh sekolah negeri maupun swasta menggunakan cara itu untuk mengenalkan almamater pada peserta didik baru.

BACA JUGA:  Ini Rahasia Program Tasikmalaya Health School for Teenager Bisa Terus Eksis!

MPLS dijadikan sebagai ajang untuk melatih ketahanan mental, disiplin, dan mempererat tali persaudaraan. MPLS juga sering dipakai sebagai sarana perkenalan siswa terhadap lingkungan baru di sekolah tersebut. Baik itu perkenalan dengan sesama siswa baru, senior, guru, hingga karyawan lainnya di sekolah itu. Tak terkecuali pengenalan berbagai macam kegiatan yang ada dan rutin dilaksanakan di lingkungan sekolah.

Pada kebanyakan sekolah, biasanya MPLS diisi dengan berbagai materi dari lintas sektor terkait seperti Kepolisian yang memberikan materi Tertib Berlalu Lintas, Kesehatan yang memberikan materi Kesehatan Remaja, BNN yang memberikan materi tentang Bahaya Penyalahgunaan NARKOBA, dan sebagainya.

Puskesmas Pasirian kenalkan SBH

Dalam kesempatan yang sangat baik tersebut, Puskesmas Pasirian sebagai penanggung jawab program kesehatan di wilayah mengkampanyekan bagaimana remaja sehat mengarungi kehidupannya. Pada kesempatan tersebut Puskesmas mengisi materi tentang Kesehatan Remaja, karena peserta didik merupakan masa-masa remaja sehingga Puskesmas menjadi mitra yang tepat bagi para remaja sebagai perwujudan dari Program Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR).

BACA JUGA:  Pentingnya Edukasi Kesehatan Reproduksi Bagi Anak Berkebutuhan Khusus

Selain mengkampanyekan Kesehatan Remaja, Tim Promosi Kesehatan Puskemas Pasirian juga memperkenalkan program yang ada di Puskesmas, khususnya yang berkaitan dengan remaja yakni SAKA BAKTI HUSADA. Kegiatan pengenalan SBH ke sekolah-sekolah ini dikenal dengan nama SBH Goes to School. Ibaratnya “menyelam sambil minum air”, Sosialisasi Kesehatan Remaja ini juga menarik minat para peserta didik baru untuk bergabung bersama Saka Bakti Husada Puskesmas Pasirian.

Pada hari ini bertempat di MA AL-MUNIR Sememu Pasirian, Sebanyak 68 peserta didik baru mendapatkan ilmu tentang Kesehatan Remaja dan berminat untuk bergabung bersama Saka Bakti Husada.

Sharing is caring!

(Visited 85 times, 1 visits today)