SD Negeri Kalitami Gandeng Puskesmas Kalitami Beri Pelatihan Dokter Kecil
Penanggungjawab Program Promkes Puskesmas Kalitami Haris La Ode, SKM. mengatakan tujuan pelatihan dokter kecil ini untuk pembinaan siswa di sekolah agar dapat menjadi role model bagi siswa.

SD Negeri Kalitami bekerjasama dengan Puskesmas Kalitami menggelar pelatihan dan pembinaan dokter kecil bagi siswa pelajar sekolah dasar (SD) dengan tema “Sekolahku Sehat, Prestasiku Hebat, Imanku Kuat”di Distrik Kamundan Kab. Teluk Bintuni, Selasa (18/2/2020).

Sebanyak 14 dokter kecil dan 23 siswa calon dokter kecil yang baru baru ini direkrut atau dipilih untuk menjadi dokter-dokter kecil yang akan menggantikan dokter kecil kelas enam yang sebantar lagi tamat sebagai dokter kecil.

Pelatihan dokter kecil SDN Kalitami 2020

“Pelatihan dokter kecil ini, salah satu program kerja yang ada di SD Negeri Kalitami yang selalu dikoordinasikan dengan Puskesmas Kalitami dalam hal ini pemegang program Promkes Puskesmas Kalitami Haris La Ode, SKM selaku pelaksana tugas promosi kesehatan dan UKS.

BACA JUGA:  Puskesmas Margadadi Berikan Pelatihan Dokter Kecil Kepada Siswa SDN Pabeanudik 1

Kegiatan ini bertujuan untuk melatih siswa agar bisa menjadi dokter kecil di sekolah mereka, sehingga siswa tersebut bisa menangani insiden kecil yang terjadi di sekolah, dan untuk melatih para peserta agar dapat membantu dan menolong dirinya sendiri, teman-teman serta lingkungan sekolah dan rumahnya masing-masing.” ujar Ansyar Mambooe, S.Pd.I, selaku Kepala Sekolah SDN Kalitami.

Ia menjelaskan dalam kegiatan ini memberikan berbagai materi kepada para peserta pelatihan. Materi yang diberikan seperti materi UKS dibawakan oleh Haris La Ode SKM selaku pembina UKS , materi kedua tentang pengenalan Obat-obatan oleh Hilmawati, A.Md, Farm., materi yang ketiga yaitu kesehatan lingkungan oleh Deni Nur khotimah, SKM., materi keempat yaitu tentang Gizi oleh Sance. P Waney, SKM dan materi yang terakhir adalah tentang P3K oleh dr. Andre Sipasulta.

BACA JUGA:  Puskesmas Margadadi Berikan Pelatihan Dokter Kecil Kepada Siswa SDN Pabeanudik 1
Puskesmas Kalitami Edukasi Dokter Kecil SDN Kalitami 2020

“Materi-materi sederhana ini kami harap dapat mengajarkan para peserta minimal dapat memberi pertolongan pertama pada kecelakaan-kecelakaan kecil yang dapat terjadi di lingkungan sekolah,” katanya. 

Penanggungjawab Program Promkes Puskesmas Kalitami Haris La Ode, SKM. mengatakan tujuan pelatihan dokter kecil ini untuk pembinaan siswa di sekolah agar dapat menjadi role model bagi siswa. 

Lalu, kata dia, menjadi contoh yang baik dan juga untuk membantu jika ada hal-hal yang berkaitan kesehatan di sekolah sehingga bisa melakukan pertolongan pertama.

Selanjutnya, dengan adanya dokter kecil ini diharapkan bisa membantu program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), yang ada hubungannya dengan pelayanan kesehatan dasar di sekolah.

Pihaknya juga mengharapkan siswa dapat membantu temannya disaat terluka dan juga bisa mengajarkan teman-temannya dalam melakukan pertolongan.

Pelatihan Dokter Kecil Bersama Puskesmas Kalitami

“Kami mengadakan kegiatan saat ini gelombang pertama pada tanggal 18 Februari 2020 yang dihadiri jumlah siswa 37 peserta. ” ungkapnya. 

BACA JUGA:  Puskesmas Margadadi Berikan Pelatihan Dokter Kecil Kepada Siswa SDN Pabeanudik 1

Almia Tabiar kelas 5 mengaku senang sekali dengan adanya pelatihan dokter kecil di sekolahnya, dan dia berharap bisa dipilih untuk menjadi dokter kecil karena dia bercita-cita untuk menjadi dokter supaya bisa menolong orang dan membanggakan oran tua. Gadis berkerudung usia 11 tahun ini sangat aktif selama kegiatan berjalan ia juga mengaku jika dewasa nanti ingin menjadi dokter.

Untuk itu, tidak hanya diberikan materi secara teori, dalam kesempatan tersebut Pemateri juga mengajak para peserta untuk melakukan praktek menutup luka dengan benar.

Tokoh Distrik Kalitami

Pelatihan ini dibuka langsung oleh DANRAMIL Persiapan Kamundan KODIM 1806/Teluk Bintuni, Pelda I Ketut Sukadiasa, dan dihadiri oleh tamu undangan Kepala Distrik Kamundan, Kapospol Kamundan, dan lima kepala kampung se Distrik Kamundan.

Sharing is caring!

(Visited 129 times, 1 visits today)