SD YPPK Tofoi, Distrik Sumuri, Teluk Bintuni
Latest posts by Arma Sari Helokil, SKM (see all)

Sekolah sehat sebagai sebuah terapan sekolah yang menerapkan pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan dan pembinaan lingkungan sekolah sehat. Berdasar hal itu, maka sangat diperlukan sekolah sehat untuk mengajarkan pola hidup sehat kepada anak-anak mulai dari sekolah.

Untuk hal itu maka pada tanggal 7 Maret 2020, dideklarasikan SD YPPK Tofoi, Distik Sumuri, Kabupaten Teluk Bintuni, Provinsi Papua Barat sebagai salah satu Sekolah Sehat dalam pelayanan kesehatan dalam lingkup kerja Dinas Kesehatan Teluk Bintuni.

BACA JUGA:  Program Anak Sekolah Sehat, RS Baznas Sidoarjo Edukasi Bahaya Rokok

Sekolah Sehat SD YPPK Tofoi, Distrik Sumuri

Dalam kegiatan deklarasi sekolah sehat, di hadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Teluk Bintuni yaitu; Franky Dominggus Mobilala, SKM, Kabid Yankes, Kabid Kesmas, serta staf Dinkes Teluk bintuni. Dalam sambutan Kadin Dinkes, beliau sangat berharap generasi papua barat akan menjadi generasi yang sehat, generasi cerdas dan generasi yang terampil. Dan untuk mendukung harapan semua orang, maka sekolah sehat menjadi tonggak awal generasi yang berguna.

Dalam kegiatan tersebut, adanya peninjauan sekolah sehat oleh team Dinas Kesehatan Teluk Bintuni, Para undangan (Kepala Distrik, para Kepala Kampung, Para Kepala sekolah,dll). Peninjauan tersebut antara lain: UKS SD YPPK Tofoi, Taman Bunga, Taman Herbal, Tempat sampah, Penampung air, WC dan kebersihan dari lingkungan sekolah.

SD YPPK memiliki jumlah siswa 231 orang, jumlah guru 13 orang, memiliki 9 Ruang Kelas, 1 ruang guru, 1 perpustakaan, 1 ruang UKS dengan 6 orang Dokter Kecil, dan 3 WC yang aktif, serta memiliki tempat cuci tangan. Yang menarik dari peninjauan ini adalah bukan guru ataupun tenaga kesehatan yang menjelaskan terkait sekolah sehat kepada para undangan, tetapi siswa siswi dokter kecil yang menjelaskan terkait sekolah sehat SD YPPK Tofoi.

BACA JUGA:  Yuk Intip Keseruan Penyuluhan Sekolah Sehat Bersama Mahasiswa Prodi Kesehatan Masyarakat STIKes Respati Tasikmalaya

Dinkes Teluk Bintuni Kunjungi SD YPPK Tofoi

Walaupun jauh dari pusat kota, namun sekolah yang dipimpin oleh Ibu Marsela Inanosa, S.Pd ini sangat antusias dalam menghadapi deklarasi sekolah sehat. Dari kegiatan ini beliau sangat mengharapkan adanya perubahan perilaku dari siswa dan siswi bahkan guru menuju kehidupan yang sehat dan dapat menjadi contoh untuk  orang lain dalam ber-PHBS.

Kegiatan ini bukan akhir, namun awal dari sebuah perubahan untuk merubah perilaku, untuk menjaga kesehatan dari siswa dan siswi bahkan semua orang dalam sekolah SD YPPK Tofoi. Selain itu pula kegiatan yang akan dilakukan oleh Dokcil sebagai program UKS adalah pemotongan kuku setiap minggu, pelatihan dokcil (2 kali sebulan), CTPS setiap hari, sarapan sehat setiap hari, senam sehat (seminggu sekali), dan demo sikat gigi (sebulan sekali).

BACA JUGA:  Disdik Sulsel Gandeng FKM UMI Bina Sekolah Sehat

Kegiatan sekolah sehat ini dilaksanakan oleh PKM Tofoi dengan penanggungjawabnya adalah Arma Sari Helokil, SKM (Promkes) dibantu oleh Emilia Asrianti Pangadongan, SKM ( Gizi), Rian Fimbay, Amd.Keb (Bidan) dan Ns. Rahmad Abil Kasim, S.Kep (Perawat).

Sehat mulai dari saya.

 

Sharing is caring!

(Visited 181 times, 1 visits today)