You are here
Home > Berita Kesehatan > Selamat! Enrekang Dapat Penghargaan Eliminasi Filariasis dari Kemenkes

Selamat! Enrekang Dapat Penghargaan Eliminasi Filariasis dari Kemenkes

Selamat! Enrekang Dapat Penghargaan Eliminasi Filariasis dari Kemenkes

Sharing is caring!

Kabupaten Enrekang berhasil meraih penghargaan dari Kementerian kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia, berupa sertifikat penghargaan Eliminasi Filariasis.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Kesehatan Indonesia, Nila Djuwita Moeloek kepada 13 kabupaten/kota se-Indonesia termasuk Enrekang di Demak, Jawa Tengah.

Menurut Kepala Dinas kesehatan Enrekang, Marwan Ahmad Ganoko, penghargaan tersebut meruapakan sebuah kebanggaan bagi Kabupaten Enrekang.

BACA JUGA:  Kemenkes, Anak-anak di Papua itu 27 Meninggal Dalam Tiga Bulan, Bukan 40 Anak

Apalagi sejak 2006, pihaknya terus melakukan pengobatan, pemeriksaan, dan penelitian terhadap penyakit tersebut.

“Hingga akhirnya berhasil pada tahun ini memperoleh penghargaan sertifikat bebas Filariasis atau penyakit kaki gajah,” kata Marwan Ganoko dalam rilisnya ke TribunEnrekang.com, Senin (9/10/2017).

Ia menjelaskan, penyakit kaki gajah dapat ditularkan oleh semua nyamuk dan dapat mengakibatkan cacat. Sehingga hendaknya melakukan pencegahan pada penyakit ini.

Dengan melakukan program pencegahan 3M plus, kulambunisasi, menanam bunga di pekarangan seperti lavender, cemangi atau bahkan memelihara ikan gabus di sekitar rumah.

“Kebersihan lingkungan itu harus dimulai pada diri sendiri maka InsyaAllah penyakit ini selamanya terbebas dari Enrekang,” ujarnya.

Sumber tribunnews.com

Sharing is caring!

(Visited 20 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Top