Semangat Posbindu dari Desa di Ketinggian 1200 DPL
Di Desa Kalibening ada sebuah Kelompok Pengajian Raudatul Jannah. Dengan kepedulian  jamaah tentang kesehatan, terbentuklah Posbindu dengan dana swadaya.

Kalibening merupakan daerah pegunungan yang masuk wilayah Kecamatan Kalibening Kabupaten Banjarnegara Jawa Tengah. Daerah ini berada di ketinggian 1150 – 1200 dpl (Diatas Permukaan Laut). Desa Kalibening dengan jumlah penduduk lebih dari 4.000 jiwa dikepalai oleh Najib Kusbandono selaku Plt (Pelaksana Tugas ) Kepala Desa Kalibening.

Di Desa Kalibening ada sebuah Kelompok Pengajian Raudatul Jannah. Dengan kepedulian  jamaah tentang kesehatan, terbentuklah Posbindu Raudatul Jannah dengan jumlah kader lebih dari 10 orang. Pembinaan Posbindu ini dilakukan salah satunya dari UPTD Puskesmas Kalibening.

Para kader secara rutin melakukan kegiatan Posbindu tiap bulannya. Adapun tujuanya yaitu dapat mendeteksi dini penyakit tidak menular dengan sasaranya usia 15-59 tahun. Adapun sarana prasarana Posbindu bersumber dari iuran dan swadaya masyarakat itu sendiri, diantaranya Alat Bodyfit Analyzer, Sfigmomanometer/ tensi meter dan Alat Cek Kolesterol dan Cek Gula Darah.

Para Kader posbindu semangat mengajak warga  lainya ikut kegiatan Posbindu tersebut dan sekarang sudah banyak warga yang ikut. Kegiatan yang dilakukan di Posbindu Raudatul Jannah diantaranya Cek lemak tubuh, lemak perut, kalori IMT (Indeks Masa Tubuh, cek tekanan darah, cek kolesterol, dan cek gula. Selain pemeriksaan rutin tersebut ada kegiatan senam bersama, penyuluhan-penyuluhan tentang edukasi masyarakat untuk GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat), pembagian Tablet Penambah darah. Ada juga dana sosial atau dana sehat untuk membantu warga yang membutuhkan.


Penulis:
Agus Sulistianto, SKM
Pelaksana Posbindu dan Promosi Kesehatan
UPTD Puskesmas Kalibening Kabupaten Banjarnegara

Sharing is caring!

(Visited 111 times, 1 visits today)