Serunya Program International Field Study 30 Hari Prodi Kesmas UMJ di Thailand

Serunya Program International Field Study 5 Hari Prodi Kesmas UMJ di Thailand
15 orang mahasiswa Prodi Kesmas UMJ (Selanjutnya dibaca : PSKM) bertolak ke Thailand untuk mengikuti Program International Field Study selama 30 hari.

15 orang mahasiswa Prodi Kesmas UMJ (Selanjutnya dibaca : PSKM) bertolak ke Thailand untuk mengikuti Program International Field Study.

Program ini merupakan salah satu program wajib bagi mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat, namun untuk pertama kalinya program ini dilaksanakan di luar negeri selama sebulan di Bangkok, Thailand.

Mahasiswa Prodi Kesmas UMJ di Sekolah Indonesia Bangkok

Adapun kegiatan yang dilakukan mahasiswa PSKM selama sebulan di sana adalah melakukan analisis situasi untuk menemukan masalah kesehatan yang ada di Sekolah Indonesia Bangkok (SIB) dan melakukan intervensi dalam bentuk kegiatan penyuluhan tentang masalah kesehatan yang ditemukan di sana.

BACA JUGA:  Ini Alasanku Jatuh Cinta Sama Jurusan Kesehatan Masyarakat

Sekolah Indonesia Bangkok (SIB) merupakan sebuah sekolah yang bertempat di Kedutaan Besar Republik Indonesia, Bangkok. Dimana murid muridnya adalah Warga Negara Indonesia yang tinggal di Bangkok, Thailand.

Mahasiswa Prodi Kesmas UMJ di Kedubes RI di Thailand

Selain itu, mahasiswa PSKM juga turut bergabung dalam sebuah Field Trip yang dilaksanakan oleh Public Health and Science of Chulalongkorn University bersama para mahasiswa Magister dan Doktor pergi ke sebuah desa di Provinsi Saraburi, Thailand untuk menganalisa keadaan masyarakat didesa dan turut serta mempelajari tentang sistem kesehatan negara Thailand selama lima hari.

Mahasiswa PSKM juga mengikuti kuliah umum dan menghadiri beberapa Thesis Proposal Examination mahasiswa megister Public Health and Science of Chulalongkorn University.

Short Course 2 hari di Faculty of Public Health, Mahidol University

Selanjutnya mahasiswa PSKM juga mengikuti Short Course selama dua hari di Faculty of Public Health, Mahidol University. Materi yang disampaikan dalam Short Course mengenai NCDs in the South-East Asia: Challenges and Opportunities oleh Asst. Prof. Kwanjai Amnatsatsue, Department of Public Health Nursing-FPH-MU dan Climate change and Health oleh Assoc. oleh Prof. Dr. Mathuros Tipayamongkholgul Deputy Dean for International relations and Networking.

Mahasiswa PSKM juga mengunjungi salah satu museum di Thailand, yaitu Medical Museum Kedokteran Siriraj Hospital yang dikenal akan keaslian dan keberagaman isi museum.

BACA JUGA:  Ini Alasanku Jatuh Cinta Sama Jurusan Kesehatan Masyarakat

Kemudian pada minggu terakhir sebelum kembali ke Indonesia, beberapa mahasiswa PSKM juga turut menjadi volunteer pada sebuah lembaga sosial bernama SEA JUNCTION.

dalam Volunteer Sea Junction 2018

Di hari libur mahasiswa PSKM juga mengunjungi berbagai tempat bersejarah di Thailand seperti Wat Arun, Wat Saket, The Grand Palace, Bangkok Art and Culture Center dan Chatuchak Market.

Diharapkan program ini terus berjalan untuk generasi selanjutnya, karena banyak sekali manfaat yang didapatkan baik dalam bidang akademisi maupun non-akademisi dan menjadi pengalaman yang sangat berharga yang sangat sayang untuk dilewatkan. Rasanya tidak perlu ragu untuk apa yang akan didapatkan setelahnya, semua terangkum dalam satu bulan.

Setiap hari adalah pembelajaran, atau setidaknya itulah yang kami yakini. Kami berada pada jalur yang menuntut kami untuk terus tumbuh.

BACA JUGA:  Ini Alasanku Jatuh Cinta Sama Jurusan Kesehatan Masyarakat

Sesuatu yang selalu kami syukuri dalam kehidupan dan perjalanan hidup adalah saat kami  bertemu orang-orang hebat dalam perjalanan ini.

Orang-orang hebat yang selalu mengajari banyak hal, sehingga bisa mengerti dan memahami makna dari hidup dan kehidupan.

”Kuncinya adalah Impossible We Do, Miracle We Try and dont forget to pray. Allah sering mengatakan, Allah tinggikan derajat orang-orang yang berilmu, dengan ilmulah kita menang bukan hanya semangat saja. Allah ciptakan umatnya yang terbaik”

Sharing is caring!

(Visited 126 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *