Sosialisasi Gema Cermat, Pegunungan Latimojong Jadi Tantangan
Melalui kegiatan Gema Cermat ini, seluruh masyarakat tak terkecuali yang berada di pelosok desa, memiliki pengetahuan yang cukup tentang obat.

Mensosialisasikan Gema Cermat sampai ke dusun – dusun di wilayah kerja PKM Buntu Batu, Kecamatan Buntu Batu, Kabupaten Enrekang, memiliki cerita uniknya tersendiri.

Mencapai lokasi kegiatan Gema Cermat yang tak selalu mudah, karena secara geografis beberapa lokasi merupakan daerah perbukitan tinggi, bahkan dengan jalan sempit dan kemiringan jalan hampir vertikal, seperti pada salah salah satu lokasi yaitu Dusun Karangan.

Letak dusun tersebut berada di pinggang rangkaian pegunungan Latimojong yang sangat masyhur terutama di kalangan pencinta alam. Gunung Latimojong sendiri dikenal sebagai pegunungan dengan pemandangan eksotis dan tertinggi di Sulawesi, juga termasuk dalam Tujuh Pegunungan Tertinggi di Indonesia (The Seven Summits Of Indonesia).

Tak hanya harus mendaki perbukitan, beberapa lokasi sosialisasi lainnya berada di bawah lembah-lembah bukit, dengan jalan sempit berkelok-kelok, dan jurang-jurang terjal disekitarnya.

Desa Latimojong

Namun tantangan untuk sampai ke lokasi, bukanlah halangan bagi Apoteker AoC (Agent of Change) Ratnawati Wahab, S,Si.Apt, untuk dapat bertatap langsung dengan masyarakat berbagi pengetahuan tentang obat, demi menumbuhkan kepedulian, kesadaran, pemahaman dan meningkatkan keterampilan masyarakat dalam hal penggunaan obat secara tepat dan benar.

Sejak pertengahan tahun 2018 sampai bulan Februari tahun 2019 apoteker tangguh ini, telah bergerak menyusuri 6 Dusun dan Desa yaitu: Desa Eran Batu, Desa Ledan, Desa Buntu Mondong Dusun Pasongken, Desa Latimojong Dusun Karangan, Desa Lunjen Dusun Panyurak, dan Desa Langda Dusun Rakda, untuk mensosialisasikan GemaCermat (gerakan masyarakat cerdas menggunakan obat).

Harapan beliau melalui kegiatan Gema Cermat ini, seluruh masyarakat tak terkecuali yang berada di pelosok desa, memiliki pengetahuan yang cukup tentang obat, dan dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

sosialisasi Gema Cermat Puskesmas Buntu Batu

Keberadaan Apoteker AoC (Agent Of Change) pada setiap kecamatan di Kabupaten Enrekang, yang terus bergerak aktif melakukan kegiatan Gema Cermat diharapkan mampu membawa perubahan dan solusi terhadap masalah-masalah pengobatan yang sering dijumpai di tengah masyarakat, seperti; swamedikasi atau pengobatan mandiri yang dilakukan secara tidak tepat, ketidakpatuhan terhadap cara penggunaan obat, pemakaian obat dibawah atau melebihi dosis, penggunaan antibiotik tanpa indikasi yang jelas dan tanpa resep dokter, dan sebagainya.

Sharing is caring!

(Visited 189 times, 1 visits today)