Sosialisasi PHBS dan Desa Siaga Aktif, Ini Pesan Promotor Kesehatan Puskesmas Pelangiran

Sosialisasi PHBS dan Desa Siaga Aktif, Ini Pesan Promotor Kesehatan Puskesmas Pelangiran
Selasa, 17 April 2018, bertempat di Balai Desa Wonosari, bekerja sama dengan pihak Desa Wonosari dan pihak Kecamatan Pelangiran, UPT Puskemas Pelangiran melaksanakan sosialisasi PHBS dan Desa Siaga Aktif serta pembinaan Posyandu di Desa Wonosari Kecamatan Pelangiran, Indragir Hilir, Riau.

Dalam rangka mewujudkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat(GERMAS) di wilayah kerja, UPT Puskemas Pelangiran bekerja sama dengan pihak Desa Wonosari dan pihak Kecamatan Pelangiran, melaksanakan sosialisasi PHBS dan Desa Siaga Aktif serta pembinaan Posyandu di Desa Wonosari Kecamatan Pelangiran, Indragir Hilir.

BACA JUGA:  Wali Kota Semarang Dukung Program Jamban Keluarga di Gunungpati

Bertempat di Balai Desa Wonosari, kegiatan ini dilaksanakan Selasa, 17 April 2018, pukul 10.00 WIB, diikuti oleh 28 peserta terdiri dari 20 orang Kader PHBS dan 8 orang Kader Posyandu.

Ssedikitnya ada 10 indikator yang wajib dipenuhi oleh Desa/Kelurahan untuk mendapakan predikat Desa/Kelurahan ber-PHBS, yaitu:

  • Pertolongan persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan,
  • Memberi bayi ASI ekslusif,
  • Menimbang balita setiap bulan,
  • Menggunakan air bersih,
  • Mencuci tangan dengan air bersih dan sabun,
  • Menggunakan jamban sehat,
  • Memberantas jentik nyamuk,
  • Makan buah dan sayur setiap hari,
  • Melakukan aktivitas fisik,
  • Tidak merokok di dalam rumah.

Dalam sambutannya, Bapak Alif Fauzi, Kepala Desa Wonosari menyanpaikan kepada para peserta sosialisasi agar menyimak dengan baik materi yang akan disampaikan oleh tim dari UPT Puskesmas Pelangiran.

BACA JUGA:  Bupati Ini Pimpin Langsung Gerakan Stop Buang Air Besar Sembarangan

Kegiatan ini sangat penting karena menyangkut kesehatan di lingkungan masyarakat. Dari hasil sosialisasi ini beliau berharap para kader dapat menyampaikan kembali kepada masyarakat terutama tentang bagaimana menanamkan pola hidup bersih dan sehat di rumah.

Wahyu Ramadhan,SKM selaku tim promotor kesehatan UPT Puskesmas Pelangiran dalam acara tersebut menghimbau para kader, mari kita bersama sama mewujudkan paradigma sehat yang sesungguhnya dengan melaksanakan indikator PHBS dalam kehidupan sehari hari,dengan melaksanakan indikator PHBS Insha Allah kita akan terhindar dari berbagaimacam penyakit.

Acara tersebut terlaksana dengan baik dan lacar, dan harapan kami semua setalah ada sosialisasi ini masyarakat desa tersebut dapat melaksanakan semua indikator tersebut agar harapan Indonesia Sehat dapat terwujud.

BACA JUGA:  50 Desa di Demak Dinyatakan Bebas dari Buang Air Besar Sembarangan

Sharing is caring!

(Visited 205 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *