Sosialisasikan Bahaya Merokok Bagi Pelajar, Tim Nusantara Sehat Puskesmas Haliwen Gelar Lomba Pidato
Belu - 24/10, siswa siswi SMA di wilayah kerja Puskesmas Haliwen mengikuti lomba pidato yang diselenggarakan oleh Tim Nusantara Sehat dan Puskesmas Haliwen.

Imelda sussanti Nailius, S. KM

Staf Promkes di Puskesmas Haliwen
Kabupaten Belu NTT
Nusantara Sehat Batch 2
Imelda sussanti Nailius, S. KM

Belu – 24/10, siswa siswi SMA di wilayah kerja Puskesmas Haliwen mengikuti lomba pidato bertemakan bahaya merokok bagi pelajar/remaja yang diselenggarakan oleh Tim Nusantara Sehat dan Puskesmas Haliwen.

Acara yang dilaksanakan di Aula Kantor Desa kabuna ini diikuti siswa siswi SMA yang tersebar di 5 SMU di wilayah kerja Puskesmas Haliwen yaitu SMAN 1 Atambua, SMAN 3 Atambua, SMAN 2 Tasifeto Timur, SMA Stela Gratia, SMA Stela Maris. Masing masing sekolah mengutus 2 orang perwakilan untuk berlomba di ajang ini, jadi jumlahnya 10 peserta. Peserta di dampingi oleh guru pendamping dan suporter dari masing masing sekolah.

BACA JUGA:  Catatan Kecil Tim Nusantara Sehat dari Pegunungan Latimojong

Sebagai juri dari kegiatan ini yaitu Ibu Adriana Fouk Runa,S.SI,A.pt, Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Kabupaten Belu; Bapak Bene Agas, S.Gz, Kasie Promosi Kesehatan Dinkes Belu; dan Bapak Andi Karim, S. KM, Staf Promkes Dinkes Belu.

Lomba Pidato Nusantara Sehat

Yang menarik dari kegiatan ini yaitu peserta terlibat secara aktif dalam lomba, peserta berpidato dengan sangat baik, dan berimprovisasi dengan media media promkes yang mereka bawa. Peserta mampu menegaskan tentang bahaya merokok dan mengajak semua yang hadir untuk mengatakan tidak pada merokok. Kegiatan lomba ini juga diliput oleh Tim TV Belu.

Harapan kami dari Tim Nusantara Sehat yang akan purna bakti di Puskesmas Haliwen pada tanggal 29 Oktober 2017, kegiatan ini dapat mendorong siswa untuk peduli dengan permasalahan perilaku merokok di lingkungan pergaulannya. Dapat menjadi contoh bagi temannya, dapat berbagi informasi kepada teman-temannya seputar bahaya merokok bagi remaja.

BACA JUGA:  Refreshing Kader Posyandu Desa Gedung Karya Jitu Tulang Bawang

Harapan dari guru-guru pendamping siswa yaitu mereka sangat mengapresiasi kegiatan lomba ini, Mereka berharap dikesempatan berikutnya akan di adakan lomba debat tentang masalah seputar kesehatan remaja terutama bahaya merokok sehingga peserta dapat lebih semangat menggali dan mempelajari tentang masalah masalah kesehatan yang dapat terjadi pada mereka.

Dinas Kesehatan juga sangat mengapresiasi kegiatan ini. Kegiatan ini baru pertama kali dilakukan di Kabupaten Belu, sehingga perlu menjadi contoh bagi puskesmas-puskesmas lain untuk mengadakan hal yg serupa. Dan kegiatan ini tidak selesai begitu saja tapj juga dapat di lanjutkan di tahun-tahun yang akan dapat sebagai salah satu kegiatan promosi kesehatan bagi remaja.

Kegiatan yang dimulai dari jam 9 pagi ini berakhir pada jam 2 siang. Sebagai juara perlombaan kali ini yaitu Juara 1 dari perwakilan SMAN 2 Tastim, Juara 2 dari SMA Stela Gratia, Juara 3 perwakilan dari SMAN 1 Atambua. Senang sekali bisa menyelenggarakan kegiatan ini, dan terimakasih untuk semua pihak yang turut mendukung terselenggaranya kegiatan ini.

BACA JUGA:  Nusantara Sehat : 4 Fakta yang Musti Kamu Ketahui Dibalik Suksesnya Seminar Kesehatan

Pemenang Lomba Pidato

Sharing is caring!

(Visited 234 times, 1 visits today)