STBM, Puskesmas Senyerang Wujudkan Masyarakat Bebas BABS Lewat Arisan Jamban
Mewujudkan masyarakat yang bebas BAB sembarangan, Puskesmas Senyerang melakukan STBM di RT 08 Kelurahan Senyerang, Rabu, 4 September 2019.
Spread the love

Ainil Hikma Besri, S.KM

NS Individu penempatan Puskesmas Senyerang, Tj Jabung Barat - Prov. Jambi
Ainil Hikma Besri, S.KM

Mewujudkan masyarakat yang bebas BAB sembarangan, Puskesmas Senyerang melakukan STBM di RT 08 Kelurahan Senyerang. Acara pemicuan STBM ini dilakukan pada Rabu, 4 September 2019. Kegiatan ini dihadiri oleh 32 masyarakat desa RT 08 didampingi oleh Bapak Lurah Kelurahan Senyerang.

Sa’adah Albanjariah, AM,KL (Tenaga Sanitarian Nusantara Sehat Individu) dan Ainil Hikma Besri, S.KM (Tenaga Promkes, Nusantara Sehat Individu) bertindak selaku narasumber dalam kegiatan STBM ini.

Saadah Albanjariah memberikan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya memiliki jamban sehat, merubah pola pikir masyarakat secara berlahan tentang higiene dan sanitasi individu dimasyarakat akan mempengaruhi kesehatan masyarakat salah satunya masalah BAB

BACA JUGA:  Kepala Desa Katongan Siap Distribusi Stimulan Jambanisasi Untuk 120 KK

Ainil Hikma Besri menyampaikan tentang bahaya bagi masyarakat yang menjadi kebiasaan untuk BAB di kebun dan di sungai, dampak yang akan dirasakan bagi masyarakat sendiri. Dan sumber penyakit yang bisa disebarkan melalui perantara lalat yang hinggap ke kotoran manusia. Pada dasarnya masyarkat mengetahui bahaya yang mereka rasakan BAB sembarangan.

Tetapi kebiasaan yang sudah dilakukan dan kesadaran masyarakat masih sulit untuk ditumbuhkan. Dan dukungan pimpinan di desa sangat mereka butuhkan agar mau merubah perilaku masyarakat.

Pada saat komitmen kami menyerahkan langsung kepada masyarakat apa solusi yang akan kita capai untuk permasalah jamban dan mereka setuju untuk melakukan arisan jamban dan berjanji sampai Desember Tahun 2019 RT 08 akan menjadi desa bebas BAB sembarangan.

Rangkaian acara kegiatan ini dimulai dengan perkenalan, pemaparan tujuan, pemetaan untuk mengetahui wilayah desa, survey tempat pembuangan jamban masyarakat di kebun dan di sungai, memberikan penyuluhan kontaminasi dari kontoran kepada makanan dan minuman, dan selajutnya penggalangan komitmen oleh masyarakat ditandatangi oleh Pak Lurah (dalam hal ini diwakili oleh Wakil Lurah), Ketua RT dan ketua kelompok yang mengurus kegiatan arisan jamban di RT 08.

BACA JUGA:  Warga Dusun Ngrandu Merencanakan Pembuatan Sarana Pengelolaan Air Limbah

Komitmen warga Bebas BABS

Acara berlangsung sekitar 3 jam, dan hal yang menarik pada acara adalah pada saat survey ke lokasi tempat pembuangan tinja masyarakat, masyarakat sudah mulai merasa malu dengan kebiasaan mereka, dan pada saat penggalangan komitmen karena masih ada beberapa masyarakat masih tidak mau untuk membuat jamban disebabkan masalah uang.

Beberapa dari mereka mengganggap hal tersebut tidak menjadi masalah besar untuk keluarga mereka dan hal menarik lainnya pada saat menceritakan pengalaman mereka selama BAB dikebun, ternyata hal- hal lucu pernah mereka alami, seperti mendengar suara binatang aneh, digigit nyamuk saat BAB di kebun dan nasumber membandingan dengan cerita masyarakat yang punya jamban, mereka merasa nyaman dan lebih merasa aman saat BAB.

BACA JUGA:  Kesehatan Lingkungan Puskesmas dan Masyarakat

Harapan dari petugas kesehatan Puskesmas Senyerang agar kegiatan ini dapat memicu kesadaran masyarakat khususnya RT 08 agar tidak ada BAB sembarangan, untuk kedepannya ada rasa malu di hati masyarakat untuk tidak BAB di sungai dan di kebun.

Pak Lurah Senyerang yang diwakili oleh bapak Ibnu Hajar  mengapresiasi kegiatan ini karena dianggap sanggat penting untuk keberlangsungan kesehatan di RT 08 dan akan memantau langsung kegiatan arisan jamban di RT 08 agar tidak hanya menjadi wacana aja. Dan agar tahun 2020 RT 08 bisa menjadi contoh RT yang masyarakatnya peduli akan kesehatan dan peduli kepada lingkungan salah satunya tidak BAB di sungai dan di kebun lagi dan bisa menjadi desa yang bebas BAB sembarangan.

Sharing is caring!

(Visited 75 times, 1 visits today)