You are here
Home > Kabar Kampus > STIKes Indramayu Mencetak Generasi Emas Indonesia Yang Sehat Dan Kuat

STIKes Indramayu Mencetak Generasi Emas Indonesia Yang Sehat Dan Kuat

STIKes Indramayu Mencetak Generasi Emas Indonesia Yang Sehat Dan Kuat
Depi Yulyanti, S.KM, M.Kes

Depi Yulyanti, S.KM, M.Kes

1. Sekretaris Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat STIKes Idramayu
2. Pembina Kemahasiswaan Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat STIKes Idramayu
Depi Yulyanti, S.KM, M.Kes

Sharing is caring!

Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) dilaksanakan oleh seluruh perguruan tinggi di Indonesia.

Berdasarkan surat edaran yang dikeluarkan Kementerian Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi Direktorat Jenderal Pembelajaran Nomor: 468/B/SE/2017 tentang Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru disebutkan bahwa PKKMB bertujuan untuk memperkenalkan, mempersiapkan dan mengakselerasi mahasiswa baru dalam proses transisi menjadi mahasiswa yang sadar akan hak dan kewajibanya, memuat antara lain tentang sistem pendidikan tinggi kegiatan akademik dan kemahasiswaan serta kebijakan kampus, serta materi bela negara, radikalisme, penyalahgunaan narkoba sehingga dapat mendukung keberhasilan studinya di perguruan tinggi.

BACA JUGA:  Mahasiswa Kesmas STIKes Indramayu Gelar Overa Van Campak Rubella di SMP Unggulan

STIKes Indramayu merupakan salah satu Perguruan Tinggi yang yang selalu melaksanakan PKKMB, dan materi yang disampaikan mengacu kepada panduan PKKMB tahun 2017.

Selain materi-materi wajib yang sesuai dengan surat edaran Kementerian Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi Direktorat Jenderal Pembelajaran, STIKes Indramayu menambahakan materi yang berkaitan dengan program kesehatan khususnya yang berkaitan program gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS).

Hal tersebut dilakukan karena sebagai sekolah tinggi kesehatan, STIKes Indramayu memiliki kewajiban agar segala kegiatan yang dilaksanakan di STIKes Indramayu selalu berkaitan dengan program-program pemerintah. Harapannya dapat mendukung pemerintah untuk mewujudkan Program Indonesia Sehat.

GERMAS dapat dilakukan dengan cara melaksanakan aktifitas fisik, mengonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol, memeriksakan kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan, dan menggunakan jamban.

BACA JUGA:  Senam Aerobik Makin Digemari Berbagai Kalangan di Kabupaten Ini

Dalam kegiatan PKKMB di STIKes Indramayu, mahasiswa baru diperkenalkan dengan program GERMAS dan diajak untuk selalu melakukan aktifitas fisik. Aktifitas fisik yang dilakukan saat PKKMB yaitu senam aerobic. Melalui senam aerobic harapannya mahasiswa baru dapat terbiasa melakukan aktifitas fisik secara rutin.

Strategi ini dilakukan oleh STIKes Indramayu karena mahasiswa baru ini merupakan generasi emas Indonesia yang dapat menjadi agen perubahan. Germas dapat terwujud apabila dilakukan oleh seluruh lapisan masyarakat.

Setelah selesai PKKMB mahasiswa tidak hanya mengenal tentang sistem pendidikan tinggi kegiatan akademik dan kemahasiswaan serta kebijakan kampus nakmun mahasiswa baru juga mengenal dan mau melakukan aktifitas fisik serta mengajak seluruh keluarganya untuk selalu melakukan aktifitas fisik.

BACA JUGA:  Menkes Komitmen Lakukan Reformasi Kesehatan, Implementasinya Dengan Program Germas

Sharing is caring!

(Visited 111 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Top