Tahukah Kamu, Bahwa Teh Mengandung Zat yang Mengurangi Kolestrol
Orang yang mengkonsumsi teh rata-2 memiliki kadar kolesterol 7,2 mg/dL lebih rendah dari yang tidak, dan kadar LDL atau kolesterol jahat menurun 2,2 mg/dL.

Yoga Adi Pratama

Staf at Kominfo BEM FKM UAD Yogyakarta
Yoga Adi Pratama

Latest posts by Yoga Adi Pratama (see all)

Tahukah kamu, bahwa teh mengandung zat yang mengurangi kolestrol? Ya, benar sekali teh dapat mengurangi kolesterol tinggi dan memiliki segudang zat-zat yang baik untuk kesehatan.

Untuk kebanyakan orang pasti lebih suka dan lebih sering untuk menikmati teh di  saat-saat tertentu, seperti saat sedang berkumpul dengan teman bahkan keluarga, justru minuman inilah yang menjadi salah satu sajian wajib sebagian besar orang.

Jika kamu salah satunya, mengkonsumsi teh secara rutin, justru tanpa disadari akan mengurangi kadar kolesterol jahat yang ada dalam tubuhmu. Jangan salah, kolesterol terdiri dari dua macam, yaitu kolesterol baik yang bernama HDL dan kolesterol jahat LDL.

BACA JUGA:  Picu Kanker, STOP Gunakan Minyak Goreng Berulang!

Menurut penelitian Xin-Xin Zheng dari Peking Union Medical College bersama rekannya menyatakan bahwa teh memang dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh kita. Memang dapat menurunkan kolesterol, tetapi dalam jumlah yang kecil.

Pada penelitian, orang yang mengkonsumsi teh rata rata memiliki kadar kolesterol 7,2 mg/dL lebih rendah dari kelompok pembandingnya, dan kadar LDL atau kolesterol jahat menurun 2,2 mg/dL. Efek penurunan kolesterol tersebut disebabkan oleh zat yang terkandung di dalam teh yakni catechins. Zat kimia ini membantu mengurangi penyerapan kolesterol di dalam usus.

Bagi kamu yang memiliki kolesterol tinggi, sangat tidak disarankan mengkonsumsi teh dahulu karena efek penurunannya kecil. Konsumsilah obat yang memang terbukti dapat menurunkan kolesterol tinggi mu secara signifikan. Mengkonsumsi teh secara berlebihan malah akan menyebabkan efek samping lain seperti kerusakan hati. Minumlah dalam kadar yang wajar.

BACA JUGA:  Picu Kanker, STOP Gunakan Minyak Goreng Berulang!

Jika kamu ingin mendapatkan khasiat maksimal dari teh, sebaiknya teh tidak dicampur dengan pelengkap lainnya seperti gula ataupun susu lebih baik jika teh dibuat dengan cara yang bersih dan sehat.

Teh yang dicampur dengan gula manis khasiat dari zat-zat yang terkandung di dalamnya akan berkurang, jika dalam pembuatan minuman teh tidak dilakukan dengan cara yang bersih dan sehat maka hasilnya akan sia-sia. Nah sebaiknya biasakan minum teh tawar dan teh yang dibuat sendiri dengan cara yang bersih dan sehat.

Selain teh dapat menurunkan kolesterol meskipun dalam jumlah sedikit, teh memiliki khasiat yang lain seperti, dapat menurunkan berat badan, mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke, meningkatkan metabolisme tubuh, mencegah diabetes, dan meningkatkan kesehatan gigi.

BACA JUGA:  Picu Kanker, STOP Gunakan Minyak Goreng Berulang!

Begitu banyak khasiat teh yang rupanya tidak semua orang ketahui. Penyakit memanglah tanpa henti datang untuk selalu menyerang tubuh, biasakanlah hidup sehat dan bersih agar sumber penyakit tidak dapat menyerang tubuh. Dengan melakukan hidup sehat dan bersih, sistem imun tubuh juga akan bekerja secara maksimal.

Sharing is caring!

(Visited 146 times, 1 visits today)