Tahun Ini Giliran Desa Racang Welak yang Ditargetkan Jadi Desa STBM

Tahun Ini Giliran Desa Racang Welak yang Ditargetkan Jadi Desa STBM
"Saya berharap, tahun ini Desa Racang Welak bisa menjadi desa STBM, Kami akan bekerja keras untuk ini" ujar Bapak Bernadus Beras selaku kepala Desa Racang Welak.

Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) merupakan salah satu program prioritas dalam program nasional pembangunan sanitasi di Indonesia untuk memperkuat upaya pembudayaan hidup bersih dan sehat, mencegah penyebaran penyakit berbasis lingkungan dan meningkatkan kemampuan masyarakat serta mengimplemantasikan komitmen pemerintah untuk meningkatkan akses sanitasi dasar yang layak dan berkesinambungan.

BACA JUGA:  Kami Bangga Jadi Pelayan Kesehatan Masyarakat!

Setelah Desa Rehak dan Desa Wewa yang sebelumnya sudah dideklarasikan sebagai Desa STBM pada peringatan HKN tahun 2017, kini UPTD Puskesmas Orong beserta fasilitator STBM Kecamatan Welak melakukan kegiatan pemicuan STBM di Desa Racang Welak yang merupakan wilayah kerja UPTD Puskesmas Orong. Kegiatan dilaksanakan pada hari Senin, 12 Maret 2018 pada jam 09.00-14.00 WITA.

Desa Racang Welak Desa STBM

Kegiatan yang dihadiri oleh Bapak Velik Janggur selaku Camat Welak beserta tim STBM kecamatan ini di awali dengan brifing di rumah Bapak Bernadus Beras selaku Kepala Desa Racang Welak, yang kemudian dilakukan pembagian tim untuk melaksanakan pemicuan di 2 dusun yaitu Dusun Wae Dangka dan Dusun Racang.

BACA JUGA:  Gabung di Nusantara Sehat, Bukanlah Satu Pekerjaan, Tapi Ini Pengabdian!

Kegiatan pemicuan berjalan dengan lancar karena masyarakat sangat aktif dan antusias dalam mengikuti kegiatan, dan semua masyarakat yang mengikuti pemicuan berkomitmen untuk mulai melaksanakan 5 Pilar STBM.

“Saya berharap, tahun ini Desa Racang Welak bisa menjadi Desa STBM, kami akan bekerja keras untuk ini” ujar Bapak Bernadus Beras selaku Kepala Desa Racang Welak.

Sharing is caring!

(Visited 84 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *