Talkshow Bareng PILAR Sragen di Acara Nongkrong Komunitas POP FM Sragen

Talkshow Bareng PILAR Sragen di Acara Nongkrong Komunitas POP FM Sragen
Sabtu, 7 Januari 2018, Talkshow bareng PILAR di acara Nongkrong Komunitas POP FM Sragen. Ini merupakan event pertama kali untuk kawan-kawan PILAR Sragen.
Riyatin

Riyatin

Ketua PILAR Sragen
Mahasiswa FKM Univet Bantara Sukoharjo
Riyatin

Sabtu, 7 Januari 2018, Talkshow bareng PILAR di acara Nongkrong Komunitas POP FM Sragen. Ini merupakan event pertama kali untuk kawan-kawan PILAR Sragen. Dari PILAR ada Ria, Ainia, Putri didampingi oleh Ketua PKBI Ibu dr.Iin.

Selama talkshow, dibahas kapan berdirinya PILAR, kepengurusan, tujuan PILAR, caranya bergabung, dan tanya jawab seputar komunitas. Disini kita berbagi pengalaman dan informasi mengenai PILAR ke masyarakat Sragen.

BACA JUGA:  THST (Tasikmalaya Health School for Teenager), Wajah Baru PMR SMAN 6 Tasikmalaya

Mengapa komunitas ini diberi nama PILAR? Komunitas ini (PILAR Sragen) merupakan cabang dari PILAR Jateng (Pusat Informasi & Layanan Remaja) yang didirikan pada Maret 1998 oleh PKBI Jawa Tengah, diawali dan didukung oleh relawan-relawan muda yang sebagian besar adalah mahasiswa kedokteran, psikologi, kesehatan masyarakat, komunikasi dan sosial. Sehingga cabang di Sragen pun bernama PILAR yang juga didukung oleh mahasiswa yang sebagian besar berasal dari bidang kesehatan dan beberapa pelajar yang memiliki komitmen terhadap kesehatan reproduksi remaja.

PILAR Sragen didirikan dan ditetapkan SK Ketua PKBI Cabang Sragen, dr. Iin Dwi Y, M.Kes pada tanggal 9 Agustus 2017 dan dilantik 27 September 2017 di Pendopo Bupati Sragen.

BACA JUGA:  Keren! ini Cara Kreatif Mahasiswa Kesmas FK Unud Sosialisasikan Kespro Remaja

Salah satu tujuan dibentuknya PILAR yaitu untuk memberikan rasa peduli dan tanggungjawab terhadap kesehatan reproduksi pada remaja. Karena populasi remaja skitar 36% dari seluruh populasi penduduk Indonesia dan keberadaan mereka kadang kurang mendapat perhatian. Sehingga remaja banyak yang tidak memiliki kesempatan yang bebas untuk mengambil tindakan dan informasi yang salah atau diterima dengan pemahaman yang salah oleh para remaja. V

PILAR memiliki Visi; Remaja yang bertanggung jawab dan Misi; Meningkatkan pengetahuan remaja, pemahaman, perhatian yang berarti atas kesehatan reproduksinyanya, tanggungjawab seksual dan tingkah laku sosialnya.

Bagaimana Cara Gabung di PILAR? Caranya mudah banget. Bagi mereka yang masuk usia remaja 15-24 tahun, menyukai bidang keremajaan dan kespro, memiliki jiwa kerelawanan, komunikatif dan percaya diri tentunya, bisa dan mampu diajak bekerjasama dalam tim, anda bisa bergabung dengan PILAR Sragen.

BACA JUGA:  Tekan Angka Kehamilan Remaja, Puskesmas Butuh Purworejo Adakan Sosialisasi Kesehatan Reproduksi

Harapan dengan komunitas ini tentu saja semoga tetep kompak dan solid, segera goals dengan program-programnya, terutama pada remaja yang sekarang beraneka ragam pergaulannya mulai dari maraknya penyalahgunaan obat, narkoba, kehamilan tidak diinginkan, bertambahnya angka HIV AIDS di Sragen, perlu kiranya membekali para remaja agar bisa menjadi remaja yang bertanggung jawab, bertanggung jawab pada orangtua, diri sendiri, lingkungannya yang dapat merubah keadaan sekitarnya dengan positif, karena remaja adalah aset bangsa, agent of change.

Sharing is caring!

(Visited 332 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *