TB HIV Care Aisyiyah Sragen Grebek TB di Alun-alun Sragen
Kegiatan parade ini diharapkan mampu meningkatkan penemuan kasus TB dan menjadikan mantan pasien TB, TB MDR menjadi duta duta kampanye yang efektif.

Dinas Kesehatan Sragen berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat dengan menggelar kampanye dan parade terbuka untuk memberantas penyakit Tuberculosis di Kabupaten Sragen.

dr. Hargiyanto, M.Kes, Kadinkes Sragen

Dalam laporannya Kepala Dinas Kesehatan dr. Hargiyanto, M.Kes menghimbau kepada masyarakat untuk segera berobat apabila sakit TB dan bisa sembuh total dengan minum obat selama 6 bulan.

Dengan motto GREBEK TB (Gerakan Bersama Komunitas Temukan TB), ormas Aisyiyah TB HIV Care Sragen bersama dengan Kader TB miilitan yang tersebar di 8 Kecamatan mengikuti acara parade dan kampanye TB di alun-alun Sragen, 24 Maret 2019.

Kader SSR Aisyiyah Sragen

Acara tersebut selain parade long march, senam, stand pemeriksaan kesehatan yang juga bersamaan dengan Car Free Day yang diharapkan mampu menyedot perhatian dari sejumlah besar masyarakat Sragen.

Selain dihadiri oleh FORKOPINDA, PKK, KPA, Organisasi Profesi Seperti IDI, PPNI, IAI, IAKMI, PARI, PAFI dan organisasi kesehatan yang lain, acara tersebut juga didukung penuh oleh Pemda Sragen. Bupati Sragen, dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati berpesan agar masyarakat sadar dan peduliTBb dimulai dari pribadi.

kampanye hari tb sedunia 2019 sragen

Kegiatan yang juga mempromosikan Program Penanggulangan TB di setiap Puskesmas, juga menampilkan promosi pelayanan kesehatan Rumah Sakit Umum dan Swasta yang ada di Kabupaten Sragen. Harapannya Pelayanan kesehatan bisa menjadi Prioritas, selain tindakan Prefentif Promotif tetap menjadi issue yang utama.

Keikutsertaan masyarakat diharapkan menjadi gerakan masyarakat yang peduli dan sadar akan kesehatan terutama penyakit TB yang sangat mudah penularannya. Kegiatan parade tersebut diharapkan mampu meningkatkan penemuan kasus TB di kabupaten Sragen. Dan menjadikan mantan pasien TB, TB MDR menjadi duta duta kampanye yang efektif.

Kader TB HIV Care Aisyiyah bersama Bupati Sragen

Sebelum mengakhiri pidatonya Bupati Sragen memberikan Bunga & Pin TOSS TB kepada salah satu kader Aisyiyah TB HIV Care sebagai salah satu bentuk dukungan Pemerintah Daerah terhadap Program Penanggulangan TB di Kabupaten Sragen.

Di akhir acara Kader bersama relawan TB membagikan Masker dan Pamflet berisi informasi terkait TB.

“Kami sangat berterimakasih kepada semua pihak, Bapak dr Y. Agus Sudarmanto, M.Kes & Ibu MM. Sumiyati, S.KM selaku ketua panitia peringatan TB Day. Bapak Kepala Dinas Kesehatan. Ibu Bupati Sragen. Ibu Kepala Aisyiyah TB HIV Care, dan tidak lupa kami ucapkan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada semua kader dan relawan yang selama hampir 3 tahun ini bersama-sama puskesmas dan masyarakat untuk tetap semangat memberantas penyakit TB yang ada di Kabupaten Sragen”, ungkap Koordinator Penanggulangan TB HIV Aisyiyah Care, Edi Pramono. S.KM.

Sharing is caring!

(Visited 100 times, 1 visits today)