TBC Komorbid Covid-19 Yang Perlu Diwaspadai

Sabtu, (08/08) Himpunan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Respati Yogyakarta menyelenggarakan Webinar Nasional di Zoom Meeting dengan tema “TBC Komorbid Covid-19 Yang Perlu Diwaspadai”. Seminar ini terselenggara dengan sukses atas dukungan beberapa pihak yang membantu serta memberikan dukungan penuh.

Seminar dibuka oleh Ketua Program Studi S1-Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Respati Yogyakarta, Ibu Yelli Yani Rusyani, SKM, M.Kes. Dalam sambutannya beliau mengungkapkan bahwa tema webinar ini sangat menarik karena tema yang sangat sesuai dengan kondisi saat ini, serta dengan pembicara yang berkompeten dalam bidangnya.

Ketua Panitia Webinar Nasional HMKM 2020, Charista Millenia Bintari sangat berharap dengan diadakannya webinar ini, kita sebagai tenaga kesehatan masyarakat bisa memberikan pelayanan kesehatan dengan baik, terutama disaat pandemi seperti ini kita harus bisa memutus rantai penularan covid-19, namun tanpa melupakan masalah kesehatan lainnya, seperti salah satunya TBC yang merupakan salah satu penyakit menular yang sampai saat ini masih tinggi kasusnya.

Webinar ini dimoderatori oleh Dr. Nugroho Susanto, SKM, M.Kes yang merupakan salah satu Dosen Epidemiologi S1-Kesehatan Masyarakat Universitas Respati Yogyakarta, serta mendatangkan dua pembicara yang luar biasa dalam bidangnya masing-masing, yaitu dr. Andajani Woerjandari, M.Kes, PPO-GF TB Dinas Kesehatan DIY, dalam hal ini menyampaikan materi tentang kasus TBC di DIY beserta program-program yang dilaksanakan serta kaitannya dengan pandemi Covid-19 yang merupakan penyakit penyerta dari TBC tersebut.

Pembicara hebat kedua yaitu dr. Abidinsyah Siregar, DHSM, M.Kes sebagai Ahli Utama BKKBN Kementerian Kesehatan RI dan juga menjadi salah satu Dewan Pakar IDI yang telah menyuarakan tentang penekanan covid-19 di Indonesia kepada Presiden Joko Widodo. Beliau menyampaikan materi dengan pembahasan yang sangat menarik, yaitu peran tenaga kesehatan masyarakat dalam membina perilaku masyarakat dalam melakukan pencegahan terkait TBC dan covid-19.

Press Release TBC Komorbid Covid-19 Yang Perlu Diwaspadai

Para peserta sangat antusias dalam mengikuti webinar ini, hal tersebut dibuktikan dari jumlah peserta yang mencapai 223 orang yang hadir baik melalui Zoom Meeting maupun Live Streaming Youtube yang terdiri dari berbagai institusi, universitas bahkan lintas program studi. Selain itu, hal ini juga dibuktikan dari banyaknya peserta yang antusias menyimak dan memberikan pertanyaan kepada kedua pembicara.

Para peserta juga turut memberikan respon yang positif terkait dengan diadakannya webinar ini, “Saya sangat bersyukur bisa bergabung di webinar kali ini meskipun secara virtual, tapi materi ini sangat bermanfaat serta menambah wawasan bagi kami mahasiswa kesehatan masyarakat. Saya berharap kegiatan seperti ini bisa dilakukan secara berkesinambungan”, ungkap Febriani sebagai salah satu peserta dari Universitas Cendrawasih Papua.

Sharing is caring!

(Visited 74 times, 1 visits today)