Tekan Angka Kematian Ibu Bayi, Puskesmas Butuh Rutin Laksanakan Kelas Ibu Hamil

Tekan Angka Kematian Ibu Bayi, Puskesmas Butuh Rutin Laksanakan Kelas Ibu Hamil

Untuk menurunkan Angka Kematian Ibu dan Bayi, UPT Puskesmas Butuh rutin melaksanakan kegiatan kelas ibu hamil setiap bulan di setiap desa dengan sistem 4 kali pertemuan.

Dan sistem tersebut berkelanjutan secara terus menerus setiap bulanya mengingat sasaran ibu hamil yang berbeda silih berganti setiap bulannya dengan cakupan kehadiran 90%.

UPT Puskesmas Butuh memiliki 8 kelompok kelas ibu hamil yang merupakan gabungan beberapa desa terdekat, tim pelaksana kelas ibu hamil terdiri dari; dokter, dokter gigi, bidan (KIA, KB), promkes, gizi, imunisasi.

Senam Hamil Puskesmas butuh

Kegiatan kelas ibu hamil di awali dengan senam hamil, materi yang diberikan meliputi:

  1. Pertemuan Pertama diisi dengan materi kebutuhan dasar selama kehamilan, pemeriksaan kehamilan, dari mulaitanda kehamilan, tanda dan gejala bahaya pada kehamilan, masalah kehamilan yang lainnya dan apa yang harus dihindari selama kehamilan.
  2. Pertemuan Kedua persiapan persalinan, tanda awal persalinan, proses melahirkan, tanda bahaya pada persalinan, IMD dan cara menyusui, memerah ASI dan penyimpanan ASI yang benar dan bahaya pada ibu nifas.
  3. Pertemuan Ketiga diberikan materi tentang perawatan bayi baru lahir,tanda bahaya pada bayi baru lahir.
  4. Pertemuan Keempat diberikan materi tentang KB, pengenalan berbagai jenis KB, dan efek samping dari KB. Serta PMBA (Pemberian Makan Bayi dan Anak).

Pada tanggal 28 Oktober 2017 dilaksanakan kelas ibu hamil pertemuan ke-4 di Desa Lubang Lor, dengan peserta 20 orang ibu hamil dengan materi KB yang disampaikan oleh Bidan Dwi Ary Purwati, Amd.keb.

Bidan Dwi Ary Purwati menyampaikan materi

Yang menarik dari kegiatan kelas bumil pada pertemuan kali ini adalah peserta ibu hamil sangat antusias mengikuti acara, dan tanya jawab seputar alat kontrasepsi.

Harapan dari kegiatan kelas ibu hamil ini adalah untuk menambah pengetahuan ibu hamil selama kehamilan, persalianan dan perawatan pasca persalinan dan untuk menekan angka kematian ibu dan bayi akibat dari kurangnya pengetahuan ibu tentang proses khamilan dan persalinan.

Yuk Share Postingan Ini:

Topik Populer


Akreditasi Puskesmas BPJS Kesehatan Dana Desa DBD Dinkes Kab Enrekang Dinkes Kab Indramayu FKM UI FKM Unand FKM Undip FKM Unhas Germas Gizi Buruk Hipertensi Imunisasi Imunisasi MR Kemenkes Kemenkes RI Kesehatan Lingkungan Kesehatan Masyarakat Kesehatan Remaja Kesehatan Reproduksi Mahasiswa Kesmas Nusantara Sehat PBL Pencerah Nusantara Pengabdian Masyarakat Penyakit Tidak Menular Penyuluhan Kesehatan PHBS Posyandu Posyandu Remaja Prodi Kesehatan Masyarakat Prodi Kesmas Promkes Promosi Kesehatan Puskesmas Puskesmas Krangkeng Seminar Kesehatan Seminar Nasional STBM STIKes Kuningan Stunting TBC Tenaga Kesehatan Tuberkulosis