You are here
Home > Berita Kesehatan > Tekan Malaria, Ini Perjuangan Nakes Puskesmas Teluk Kepayang

Tekan Malaria, Ini Perjuangan Nakes Puskesmas Teluk Kepayang

Tekan Malaria, Ini Perjuangan Nakes Puskesmas Teluk Kepayang

Ini merupakan perjalanan kami petugas kesehatan Puskesmas Teluk Kepayang menuju Desa Batu, wilayah yang ada didaerah Kalimantan Selatan tepatnya dikabupaten Tanah Bumbu Kecamatan Kusan Hulu pada 16 s/d 18 Oktober 2017 lalu.

Desa batu bulan namanya, desa yang terletak ditengah hutan belantara kalimantan yang dihuni oleh mayoritas penduduknya bekerja dipendulangan emas. Medan yang sulit dan terjal yang akan kita jumpai ketika melewati jalan tersebut. Para petugas kesehatan Puskesmas Teluk Kepayang harus menyiapkan fisik dan mental untuk menjangkau  wilayah tersebut.

Untuk menjangkau wilayah itu memerlukan waktu kira kira 8 jam dari Puskesmas Teluk Kepayang untuk sampai kedesa tersebut. Daerah tersebut adalah salah satu daerah zona merah endemis malaria, yang membuat para petugas kesehatan harus mempunyai strategi khusus untuk menekan penularan angka kejadian Malaria.

BACA JUGA:  Ini Daerah Endemis Tinggi Malaria di Indonesia

Mulai dari kegiatan MBS Malaria, pembagian kelambu massal, penyemprotan dinding rumah (ILS), dan POM Filariasis. Sungguh tidak mudah untuk melancarkan kegiatan ini. Banyak kendala yang dihadapi mulai dari medan yang sulit serta pemahaman masyarakat yang masih rendah.

Sharing is caring!

Wahyudi Gunawan DM, SKM.,M.Kes

Wahyudi Gunawan DM, SKM.,M.Kes

Petugas Promosi Kesehatan
Puskesmas Teluk Kepayang
Kab. Tanah Bumbu Kalsel
Wahyudi Gunawan DM, SKM.,M.Kes

Latest posts by Wahyudi Gunawan DM, SKM.,M.Kes (see all)

(Visited 128 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Top