Tekan Malaria, Ini Perjuangan Nakes Puskesmas Teluk Kepayang

Tekan Malaria, Ini Perjuangan Nakes Puskesmas Teluk Kepayang

Ini merupakan perjalanan kami petugas kesehatan Puskesmas Teluk Kepayang menuju Desa Batu, wilayah yang ada didaerah Kalimantan Selatan tepatnya dikabupaten Tanah Bumbu Kecamatan Kusan Hulu pada 16 s/d 18 Oktober 2017 lalu.

Desa batu bulan namanya, desa yang terletak ditengah hutan belantara kalimantan yang dihuni oleh mayoritas penduduknya bekerja dipendulangan emas. Medan yang sulit dan terjal yang akan kita jumpai ketika melewati jalan tersebut. Para petugas kesehatan Puskesmas Teluk Kepayang harus menyiapkan fisik dan mental untuk menjangkau  wilayah tersebut.

Untuk menjangkau wilayah itu memerlukan waktu kira kira 8 jam dari Puskesmas Teluk Kepayang untuk sampai kedesa tersebut. Daerah tersebut adalah salah satu daerah zona merah endemis malaria, yang membuat para petugas kesehatan harus mempunyai strategi khusus untuk menekan penularan angka kejadian Malaria.

Mulai dari kegiatan MBS Malaria, pembagian kelambu massal, penyemprotan dinding rumah (ILS), dan POM Filariasis. Sungguh tidak mudah untuk melancarkan kegiatan ini. Banyak kendala yang dihadapi mulai dari medan yang sulit serta pemahaman masyarakat yang masih rendah.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Topik Populer


Akreditasi Puskesmas BPJS Kesehatan Dana Desa DBD Dinkes Kab Enrekang Dinkes Kab Indramayu FKM UI FKM Unand FKM Undip FKM Unhas Germas Gizi Buruk Hipertensi Imunisasi Imunisasi MR Kemenkes Kemenkes RI Kesehatan Lingkungan Kesehatan Masyarakat Kesehatan Remaja Kesehatan Reproduksi Mahasiswa Kesmas Nusantara Sehat PBL Pencerah Nusantara Pengabdian Masyarakat Penyakit Tidak Menular Penyuluhan Kesehatan PHBS Posyandu Posyandu Remaja Prodi Kesehatan Masyarakat Prodi Kesmas Promkes Promosi Kesehatan Puskesmas Puskesmas Krangkeng Seminar Kesehatan Seminar Nasional STBM STIKes Kuningan Stunting TBC Tenaga Kesehatan Tuberkulosis