Ternyata Ini Alasan Orangtua Enggan Antar Bayinya Imunisasi

Ternyata Ini Alasan Orangtua Enggan Antar Bayinya Imunisasi

BAYI sejak usia 0 bulan wajib mendapatkan imunisasi. Sayang, di tahun 2015 saja, sekira 19,4 juta bayi tidak mendapatkan suntikan vaksin karena pengaruh orangtua.

dr Piprim B Yanuarso SpA(K) mengatakan, hampir 60 persen bayi yang tinggal di 10 negara tidak mendapatkan imunisasi dasar wajib. Salah satunya yakni Indonesia, karena banyak penyakit berbahaya bagi anak masih terjadi, tetapi sebenarnya bisa dicegah dengan suntik vaksin.

“Cakupan imunisasi masih belum penuhi target WHO sekarang ini. Kejadian luar biasa (KLB) penyakit masih tinggi,” tutur dr Piprim di kawasan Salemba, Jakarta Pusat, belum lama ini.

Karena masih banyak orangtua yang beralasan, sehingga tidak mau mengantarkan anaknya untuk imunisasi. Berdasarkan Riskesdas 2013, bayi tidak divaksin karena tidak diizinkan keluarga.

Tak cuma itu, anak juga bisa mengalami demam, beranggapan anak jadi sering sakit, tidak tahu tempat imunisasi, tidak sempat mengantar anaknya imunisasi, atau beralasan repot.

“Padahal imunisasi bisa mencegah penyakit, dinilai sangat efektif. Orangtua diminta untuk tidak takut mengantar anaknya imunisasi karena berbagai alasan,” pungkasnya.

SUMBER


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Topik Populer


Akreditasi Puskesmas BPJS Kesehatan Dana Desa DBD Dinkes Kab Enrekang Dinkes Kab Indramayu FKM UI FKM Unand FKM Undip FKM Unhas Germas Gizi Buruk Hipertensi Imunisasi Imunisasi MR Kemenkes Kemenkes RI Kesehatan Lingkungan Kesehatan Masyarakat Kesehatan Remaja Kesehatan Reproduksi Mahasiswa Kesmas Nusantara Sehat PBL Pencerah Nusantara Pengabdian Masyarakat Penyakit Tidak Menular Penyuluhan Kesehatan PHBS Posyandu Posyandu Remaja Prodi Kesehatan Masyarakat Prodi Kesmas Promkes Promosi Kesehatan Puskesmas Puskesmas Krangkeng Seminar Kesehatan Seminar Nasional STBM STIKes Kuningan Stunting TBC Tenaga Kesehatan Tuberkulosis