"Tikung", Inovasi Puskesmas Lantung Dekatkan Layanan Kesehatan Kepada
Harapan dilaksanakannya kegiatan ini yakni meningkatkan kesadaran orang tua terhadap pemantauan tumbuh kembang anak sehingga mau membawa anaknya ke Posyandu.

Posyandu sebagai wadah pemberdayaan masyarakat dibidang kesehatan yang secara teknis dibina oleh puskesmas memiliki salah satu kegiatan pelayanan bayi dan balita mencakup penimbangan berat badan, penentuan status pertumbuhan, penyuluhan konseling serta imunisasi dan pemeriksaan kesehatan.

Namun UKBM yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat ini masih mendapat hambatan dalam kunjungan bayi dan balita dikarenakan masih adanya orang tua yang tidak membawa anaknya ke posyandu.

BACA JUGA:  Lantik Tim Nusantara Sehat, Menko PMK: Ini Tugas Mulia
Tikung, Timbangan Berkunjung Bayi Balita Puskesmas Lantung

Kendala yang paling sering yaitu banyaknya orang tua yang mengikutsertakan anak ke ladang mengingat mayoritas kegiatan penduduk Kecamatan Lantung adalah bertani.

Guna meningkatkan cakupan posyandu dan lebih mendekatkan pelayanan kesehatan dasar, Tim Nusantara Sehat Puskesmas Kecamatan Lantung, Kabupaten Sumbawa yang terdiri dari petugas Promkes, Gizi, Kesling, Bidan, Perawat, Farmasi dan Analis kesehatan melaksanakan Kegiatan Inovasi “(Tikung) Timbangan Berkunjung Bayi/Balita” ke rumah-rumah sasaran.

Kegiatan ini meliputi; Penimbangan BB, Pengukuruan TB, Penyuluhan dan konseling, Imunisasi, Pemberian Vit A dan Obat Cacing. Dilaksanakan di semua Desa wilayah sasaran Posyandu dari Tanggal 10 sampai 15 Februari pada sore hari disaat Orang tua telah kembali dari Ladang.

BACA JUGA:  Pameran Kesehatan Dinas Kesehatan Enrekang, Kenalkan Germas Hingga Imunisasi MR
Pemberian Vit A dan Obat Cacing Puskesmas Lantung

Wardiman SKM selaku Koordinator Pelaksana Promkes dan penanggungjawab kegiatan ini sangat berterima kasih kepada Bidan Desa dan seluruh Kader Posyandu yang turut andil, harapan kita dengan dilaksanakannya kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran orang tua terhadap pemantauan tumbuh kembang anak dalam deteksi dini masalah Stunting sehingga mau membawa anaknya ke Posyandu atau Faskes.

Sharing is caring!

(Visited 212 times, 1 visits today)