Tim Satgas Kamundan Dan Relawan Antisipasi Covid-19 Masuk Distrik Kamundan

Distrik Kamundan Kabupaten Teluk Bintuni – Satuan gugus tugas penanggulangan virus Covid-19 yang terdiri dari Petugas Puskesmas Kalitami dan dari unsur TNI, Polri, Pemerintah Distrik, Pemerintah Kampung serta relawan masing-masing kampung, Jumat (17/4/2020) pagi terlibat dalam upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19 atau virus corona dengan melakukan penyemprotan disinfektan.

Selain melakukan penyemprotan se-Distrik Kamundan atau di lima kampung wilayah kerja Puskesmas Kalitami dilakukan pula penyuluhan, pemberitahuan oleh Penanggung Jawab Program Promosi Kesehatan Haris La Ode, SKM, untuk tetap waspada dan jangan panik, terapkan Pola Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS), serta sering Cuci Tangan Pakai Sabun, jangan lupa pakai masker baik sakit maupun bagi yang sehat sesuai dengan anjuran pemerintah.

Dengan dilakukannya penyemprotan serentak secara menyeluruh ini, diharapkan dapat mengatisipasi covid-19 agar tidak masuk ke Distrik Kamundan, serta wilayah kerja Puskesmas Kalitami.

Tim Relawan Distrik Kamundan

Walik Nabi, Amd.Kep selaku Kepala Puskesmas Kalitami sekaligus Ketua Tim Satgas Covid-19 Distrik Kamundan mengatakan, Distrik Kamundan memiliki Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 terpadu satu pintu dimana dalam tim terdiri dari semua elemen pemerintah baik tingkat Distrik, Kampung, serta dari unsur TNI-POLRI.

Mudah-mudahan kedepan (penyemprotan) terus berjalan sesuai jadwal sampai virus corona sudah tidak lagi menjadi wabah atau pandemik. Adapun, tempat-tempat yang menjadi sasaran penyemprotan, seperti rumah warga se-Distrik Kamundan dan ruang publik seperti kantor Distrik, Kampung, Sekolah Puskesmas, Posyandu, tempat ibadah, dan lainnya.

Satu hari sebelum penyemprotan disinfektan tim satgas covid-19 Distrik Kamundan sudah menghimabu keoada seluruh warga untuk tetap berdiam diri dirumah, tidak ada yang keluar rumah selama kegiatan berjalan.

Untuk itu kami ucapkan terimakasih kepada seluruh warga yang mengindahkan himbuan kami terbukti hari ini selama petugas lakukan tugasnya didampingi oleh babinsa masing-masing kampung, tidak ada warga yang keluar dari rumah selain petugas dan relawan kampung bersama melawan Virus Corona Covid-19.

Puskesmas Kalitami Semprot Rumah Warga Antisipasi Covid-19

Terkait pengadaan alat penyemprotan ini, Walik Nabi, Amd.Kep menyebut dari pemerintah kampung sendiri yang menyediakannya melalui dana kampung. Apalagi, lanjutnya, pemerintah pusat telah mengizinkan pemerintah kampung menggunakan dana kampung untuk menanggulangi Covid-19, termasuk melakukan penyemprotan disinfektan.

Lebih lanjut, dia juga berpesan, meski rumah dan lingkungannya sudah disemprot disinfektan, bukan berarti warga sudah terbebas dari ancaman Covid-19. Kewaspadaan harus tetap diutamakan.

Salah satunya adalah kerja sama dengan Koramil persiapan Distrik Kamundan Pos Polisi melalui kampanye bersama dengan tajuk “Kamundan Antisipasi Covid-19 tidak masuk Distrik Kamundan untuk Indonesia Melawan Corona.

Penyemprotan Didampingi Babinsa

Sharing is caring!

(Visited 110 times, 1 visits today)