UKS Sangat Efektif dan Efisien Dalam Edukasi Kesehatan di Lingkungan Sekolah
UKS merupakan wadah untuk berbagai program seperti kaitannya gizi, pencegahan penanggulangan napza, pengendalian penyakit,promosi kesehatan, dll

Guna mewujudkan pembinaan dan pengembangan UKS (Usaha Kesehatan Sekolah) secara terpadu dan terkoordinasi, pemerintah Kota Tomohon melalui Bagian Kesra (Kesejahteraan Rakyat) Setda melakukan rapat fasilitasi dan koordinasi pemantapan UKS bersama unsur kecamatan, kepala puskesmas, kepala sekolah sekolah TK, SD, SMP, SMU serta Perangkat Daerah terkait yang digelar di eks gedung dua DPPKBMD kompleks kantor walikota, Rabu (26/7/17).

BACA JUGA:  Pengabdian Masyarakat, STIKes Kuningan Beri Penyuluhan Kesehatan di SMPN 1 Cibereum

Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak melalui Sekretaris Kota Ir Harold Lolowang MSc saat membuka kegiatan menjelaskan UKS merupakan wadah untuk berbagai program seperti kaitannya gizi, pencegahan penanggulangan napza, pengendalian penyakit, penyehatan lingkungan, promosi kesehatan, pengobatan sederhana dan lain sebagainya.

“Wadah ini menjadi penting dan strategis karena pelaksanaan program melalui UKS sangat efektif dan efisien dalam lingkungan sekolah,” ujar Lolowang.

Dikatakannya berbagai terobosan harus dilakukan untuk menggali dan memanfaatkan sumber daya secara optimal yang difokuskan pada pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah yang efektif karena hampir bisa dipastikan bahwa semua upaya kesehatan, akan lebih cepat berhasil kalau dikembangkan di sekolah dan madrasah.

BACA JUGA:  Sekda Kayong Utara Buka Jambore Kader Kesehatan Remaja

Sebab selain diadopsi oleh peserta didik sendiri, juga akan disebarluaskan di lingkungan masyarakat khususnya di lingkungan keluarga peserta didik dan masyarakat sekitar.

“Melalui kegiatan ini diharapkan adanya komitmen dari kita semua untuk turut berperan aktif dalam upaya mempercepat pencapaian tujuan UKS agar dapat terlaksana secara terpadu dan terkoordinasi,” kata dia.

Sebelumnya Kabag Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Tomohon menjelaskan maksud dan tujuan kegiatan ini diantaranya untuk mewujudkan pengembangan UKS secara terpadu dan terkoordinasi melalui kebijakan peningkatan peran tim pembina UKS, serta adanya penguatan komitmen dan kewajiban pemerintah dalam pengelolaan UKS.

Selaku narasumber dalam kegiatan tersebut Kasubag Pendidikan Biro Kesra Provinsi Sulut Telly Kapoh.

BACA JUGA:  Tak Mampu Bayar Tunggakan BPJS? Ini Solusinya

Sumber tribunnews.com

Sharing is caring!

(Visited 385 times, 1 visits today)