UPT Puskesmas Pasar Sabtu Kab. Hulu Sungai Utara Adakan Sosialisasi GERMAS

fitriana16

Promotor Kesehatan UPT Puskesmas Pasar Sabtu, Kab. Hulu Sungai Utara

Dibuka oleh Camat Sungai Tabukan H. Syahbuddinnor, S.Ikom, M.IP, UPT Puskesmas Pasar Sabtu melakukan sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang dihadiri oleh 34 peserta.

Sosialisasi yang berlangsung di Aula UPT Puskesmas Pasar Sabtu, Kamis 18 Oktober 2018 ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan menggerakkan masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.

Peserta Sosialisasi GERMAS Puskesmas Pasar Sabtu

Masyarakat yang berperilaku hidup sehat diharapkan berdampak pada kesehatannya yang tetap terjaga, produktivitas masyarakat meningkat, terciptanya lingkungan yang bersih dan mengurangi biaya berobat.

Adanya pola perubahan penyakit yang terjadi saat ini dari yang dulunya lebih banyak penyakit menular namun sekarang lebih banyak penyakit tidak menular disebabkan berubahnya perilaku manusia.

Perubahan perilaku masyarakat yang semakin maju dan mudahnya berbagai sarana seperti transportasi, informasi dan sebagainya  bisa menimbulkan resiko terjadinya penyakit tidak menular (PTM). Seperti kurang aktivitas fisik karena terlalu lama di depan komputer, bermain game, melakukan berbagai transaksi hanya dengan online dapat menyebabkan faktor resiko kegemukan.

Selain itu pola makan yang berubah dimana kecenderungan masyarakat untuk makan makanan olahan, siap saji, tinggi gula, garam dan lemak dan kurang makanan yang berserat seperti buah dan sayur dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

PTM juga dapat dipengaruhi oleh pencemaran lingkungan, zat pencemar yang berasal dari knalpot kendaraan bermotor, asap rokok, limbah pabrik, pestisida dapat mencemari sumber air minum, pencemaran tanah pertanian dan  menyebabkan polusi udara.

Apabila zat pencemar masuk ke dalam tubuh akan memicu terjadinya PTM seperti gagal ginjal, gagal jantung, tekanan darah tinggi, kanker dan gangguan syaraf, bahkan dapat berakhir dengan kecacatan dan kematian.

Risiko terjadinya PTM dapat dicegah. Oleh sebab itu perlu dilakukan suatu kegiatan pencegahan oleh seluruh masyarakat Indonesia dari semua kalangan yaitu dari umur muda sampai tua, jenis pekerjaan, status sosial, status ekonomi, di desa maupun kota melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.

Sosialisasi Germas Puskesmas Pasar Sabtu

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat adalah suatu tindakan yang sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

Kegiatan Germas Hidup sehat dilakukan dengan cara antara lain:

  1. Melakukan aktivitas fisik
  2. Mengonsumsi sayur dan buah
  3. Tidak merokok
  4. Tidak mengonsumsi alkohol
  5. Memeriksa kesehatan secara rutin
  6. Membersihkan lingkungan
  7. Menggunakan jamban

Pada periode ini dimulai secara nasional dengan melaksanakan kegiatan:

  1. Melakukan aktivitas fisik
  2. Mengonsumsi sayur dan buah
  3. Memeriksa kesehatan secara rutin

Sharing is caring!

(Visited 23 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *