Usaha Berhenti Rokok Warga Desa Balatikon Dengan Bambu STOP Rokok
Desa Balatikon sebagai desa usaha berhenti merokok (UBM) dan penerapan kawasan tanpa rokok (KTR) semoga bisa menjadi desa percontohan kedepannya.

Heryadi

Perawat di Puskesmas Sanur
Kec. Tulin Onsoi, Kab Nunukan
Prov. Kalimantan Utara.
Heryadi

Hari ini, Kamis, 24/8, saya melakukan kunjungan ke setiap rumah warga (home care) yang terleteak di Desa Balatikon, Kecamatan Tulin Onsoi, Kab Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara.

Seperti yang rutin saya lakukan, saya keliling ke rumah-rumah warga, guna memasang Bambu STOP Rokok, dan memeriksanya. Bambu ini dipasang disetiap rumah selain sebagai simbol larangan merokok didalam rumah, juga dimanfaatkan sebagai tabung tempat pengumpulan sisa puntung rokok yang diisap oleh masyarakat perokok aktif.

BACA JUGA:  Temui Warga, Puskesmas Sanur Sosialisasikan Pentingnya Imuniasi MR

Sebelumnya kita sampaikan dulu maksud tujuannya kepada masyarakat. Kita buat perjanjian sama masyarakat terutama kepada perokok aktif, kita sampaikan seminggu sekali saya akan datang untuk mengecek Bambu STOP Rokok apakah ada puntung rokok yang di kumpul. Hal ini untuk mengukur berapa jumlah rokok yang dihabiskan selama satu minggu.

Usaha Berhenti Rokok Warga Desa Balatikon Dengan Bambu STOP Rokok-1

Selama ini mereka hanya bisa mengira-ira jumlah rokok yang mereka isap. Jadi untuk memastikan, kita sarankan agar para perokok aktif mengumpul puntung rokok dan disimpan didalam bambu tersebut dan nanti dihitung bersama-sama. Dengan metode seperti ini, sambil kita edukasi masyarakat agar volume rokok yang mereka habiskan dapat berkurang.

Program ini bisa berjalan berkat dukungan dan kerja sama Kepala Puskesmas, rekan kerja di Puskesmas, pihak kecamatan, Kepala Desa, dan masyarakat desa Balatikon tentunya yang bisa berkerja sama dengan baik untuk menerapkan perilaku hidup sehat tidak merokok di dalam rumah.

BACA JUGA:  Cegah Kanker Payudara dan Kanker Serviks, Ibu-Ibu Ini Antusias Ikuti Posbindu PTM

Secara pribadi, harapan saya kedepannya, dalam jangka panjang Desa Balatikon sebagai desa usaha berhenti merokok (UBM) dan penerapan kawasan tanpa rokok (KTR) bisa menjadi desa percontohan di wilayah kerja Puskesmas Sanur khususnya dan untuk Kab Nunukan dan sekitarnya.

Semoga kedepan jumlah angkat kesakitan yang diakibatkan oleh rokok dapat berkurang, dan ekonomi masyarakat bisa meningkat.

Sharing is caring!

(Visited 396 times, 1 visits today)