Wujudkan Kampus Siaga Kependudukan (KSK), Dinas PPKB Kab. Kuningan Gandeng STIKes Kuningan

Wujudkan Kampus Siaga Kependudukan (KSK), Dinas PPKB Kab. Kuningan Gandeng STIKes Kuningan
Ini merupakan kegiatan proyek perubahan dan satu model inovasi yang digagas oleh Bapak Drs. Moh.Iskandar, M.Pd dari Dinas PPKB Kab. Kuningan untuk mewujudkan Kampus Siaga Kependudukan (KSK) sebagai bentuk upaya peningkatan kesadaran masyarakat tentang berbagai isu kependudukan di Kabupaten Kuningan.

Kuningan – Senin, 7 Mei 2018, Dinas Pengendalian Penduduk-Keluarga Berencana (PPKB) Kabupaten Kuningan bekerjasama dengan STIKes Kuningan (STIKKU) Jawa Barat menyelenggarakan kegiatan Kuliah Pakar yang dikemas dalam acara Forum Ilmiah Kependudukan (FIK).

Rangkain acara kegiatan Forum Ilmiah Kependudukan in antara lain:

  1. Penandatanganan Mou antara Dinas PPKB Kuningan yang dipimpin oleh Ibu Dra. Poppy N. Puspitasari dan STIKes Kuningan diwakili oleh Wakil Ketua I Bapak Cecep Heriana, SKM, MPH
  2. Pengukuhan Komunitas Siaga Kependudukan, terdiri dari mahasiswa lintas program STIKKU yaitu Program Studi Kesehatan Masyarakat, Kebidanan dan Keperawatan. Komunitas ini dipimpin oleh Sdr. Moh. Wildan K. Mahasiswa Prodi Kesmas yang tahun ini berhasil terpilih menjadi Juara I Duta GenRe (Generasi Berencana) Kab. Kuningan.
  3. Kuliah Pakar dengan tema “Memanfaatkan Bonus Demografi, Kita Ciptakan Generasi Muda yang Sehat, Cerdas dan Responsif Kependudukan”. Adapun yang menjadi narasumber adalah Dr. Ferry Hadiyanto, MA, merupakan Dosen UNPAD sekaligus sebagai Ketua Koalisi Kependudukan Jawa Barat, serta dimoderatori oleh Sekretaris Dinas PPKB yaitu Bapak. Drs. D. Rusyono, M.Si.
  4. Poster presentation, menampilkan poster hasil penelitian dosen dan mahasiswa STIKKU, dengan ruang lingkup masalah kependudukan.
BACA JUGA:  Kompetensi Ahli Kesmas Pratama Jadi Modal Utama Daya Saing Hadapi Kompetisi Era Disruptif

Acara tersebut dihadiri oleh kurang lebih 120 orang peserta yang terdiri dari Mahasiswa dan Dosen STIKKU, Pegawai Dinas PPKB Kab. Kuningan dan UPTD PPKB Kecamatan Kadugede.

Sebelum acara kuliah pakar ini dilaksanakan, sebelumnya pada tanggal 30 April 2018 telah diadakan pertemuan terkait koordinasi pembentukan Kampus Siaga Kependudukan (KSK) yang dihadiri oleh Bapak Abdal Rohim, S.Kp, MH selaku Ketua STIKKU dan Bapak Cecep Heriana, SKM, MPH selaku Wakil Ketua I STIKKU. Dihadiri pula oleh perwakilan Dinas PPKB Kab. Kuningan yaitu Bapak Drs. Moh.Iskandar, M.Pd dan Bapak Drs. H. Andi Rochaendi, Kepala Seksi PPDPK, serta Bapak Iding Budiman, SKM, MH Kepala Subbag TU UPTD PPKB Kec. Kadugede,

BACA JUGA:  Bincang Ringan Bersama Ketua Prodi Kesehatan Masyarakat STIKes Kuningan

Acara Kuliah Pakar merupakan suatu rangkaian kegiatan dari kegiatan proyek perubahan dan satu model inovasi yang digagas oleh Bapak Drs. Moh.Iskandar, M.Pd dari Dinas PPKB Kab. Kuningan untuk mewujudkan Kampus Siaga Kependudukan (KSK) sebagai bentuk upaya peningkatan kesadaran masyarakat tentang berbagai isu kependudukan di Kabupaten Kuningan, seperti program Keluarga Berencana (KB), pernikahan dini, kesejahteraan keluarga, ketahanan pangan, dan sebagainya. Adapun untuk mewujudkan KSK ini, Dinas PPKB Kab. Kuningan melakukan kerjasama dengan STIKKU.

Sementara itu, untuk dapat mencapai semua target tersebut, Dinas PPKB sudah membuat perencanaan dan langkah-langkah yang harus ditempuh, yaitu :

  1. Penandatangan kerjasama
  2. Kuliah Pakar
  3. Pengukuhan Komunitas Siaga Kependudukan
  4. Launching Pojok Kependudukan
  5. Bimbingan dan Teknis kepada anggota Komunitas Siaga Kependudukan
  6. Workshop tentang Kependudukan
BACA JUGA:  Kunjungan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat STIKes Kuningan ke SLBN Taruna Mandiri

Harapannya semua tahapan kegiatan dapat berjalan dengan lancar dan program ini menjadi program yang berkelanjutan. Dengan adanya kerjasama yang baik antara praktisi kesehatan dan akademisi dalam kegiatan ini semoga dapat menjadi role model yang baik dan memberikan manfaat yang lebih besar dalam melakukan penanggulangan masalah kependudukan yang semakin kompleks dan berimbas kepada kesehatan masyarakat di suatu daearah.

Sharing is caring!

(Visited 227 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *