Yuk Kenal Lebih Dekat Sama Serat Makanan
Serat makanan adalah karbohidrat kompleks yang tidak dapat dicerna oleh tubuh. Serat hanya melalui organ pencernaan, lalu dikeluarkan kembali melalui anus.
Kesmas STIKIM
Latest posts by Kesmas STIKIM (see all)

Serat pangan atau serat makanan, dikenal juga sebagai serat diet atau dietary fiber, merupakan bagian dari tumbuhan yang dapat dikonsumsi dan tersusun dari karbohidrat yang memiliki sifat resistan terhadap proses pencernaan dan penyerapan di usus halus manusia serta mengalami fermentasi sebagian atau keseluruhan di usus besar.

BACA JUGA:  Ini Lho Pentingnya Serat Makanan Bagi Tubuh Kita

Salah satu fungsi serat makanan bagi kita yakni memperlambat penyerapan gula sederhana, sehingga menimbulkan rasa kenyang, mengurangi nafsu makan.

Serat makanan juga menstabilkan kadar gula dalam darah, menurunkan kadar kolestrol secara total dan kadar LDL yang bermanfaat mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah.

Serat makanan juga berfungsi memperlancar jalannya makanan dalam sistem pencernaan menambah massa ukuran tinja sehingga membantu lancarnya buang air besar dan mencegah sembelit. (Wikipedia).

Sederhananya, serat adalah karbohidrat kompleks yang tidak dapat dicerna oleh tubuh. Serat hanya melalui organ pencernaan, lalu dikeluarkan kembali melalui anus.


Penulis:
Intan Tita Faradilla
Mahasiswa Kesmas STIKIM
Tulisan ini merupakan Tugas Biomedik 2
Dosen Pengampu: Ns.Susaldi, S.ST, M.Biomed

BACA JUGA:  Workshop Optimalisasi Media Sosial Untuk Promosi Kesehatan Bersama Kesmas STIKIM

Sharing is caring!

(Visited 48 times, 1 visits today)