Forum

Syarat Mengadakan Posyandu Remaja?  

  RSS

wardhatullivia98
(@wardhatullivia98)
New Member
Joined: 5 months  ago
Posts: 2
06/05/2018 10:22 am  

Melihat keaadaan mengenai masalah yg ada bagi remaja saat ini dilingkungan saya, saya cukup perihatin. Saya berinisiatif untuk mengadakan kegiatan Posyandu Remaja yg mungkin saat ini di lingkungan saya (desa) belum ada Posyandu Remaja.

Nah, untuk syarat mengadakan Posyandu ini seperti apa ya? Apakah sudah ada dlm perintah pusat untuk setiap kota di Indonesia untuk diadakannya PosyanduRemaja?

Jika belum ada apakah dlm inisiatif ini saya bisa mengajukan kepada siapa ya? Apakah kepada nakes yg bertanggung jawab dlm keg Posyandu u/ lingkup desa dulu atau bahkan langsung ke Puskesmas terkait yg membawahi semua keg Posyandu per desa? Terimakasih sebelumnya🙏🏻


ReplyQuote
Yoga Andika
(@yogaandika)
Active Member
Joined: 6 months  ago
Posts: 5
06/05/2018 10:23 am  

Saran saya, jika ingin membentuk Posyandu Remaja (Posrem), cari beberapa orang yang bisa membantu pembentukan Posrem, kemudian ketika sudah memahami pembentukan Posrem maka langsung minta izin sama pihak Desa. Namun yang paling penting adalah niat dan iklas untuk pengabdian yang paling penting.


ReplyQuote
Siti Khumaidah, SKM
(@idakhumaidah)
Active Member
Joined: 1 year  ago
Posts: 13
06/05/2018 10:29 am  

Wah.....bagus sekali niatannya, kalau untuk tahapannya sesuai dengan JUKNIS Posrem di masyarakat yang sudah dibuat oleh KemKes, di slide saya sudah saya lampirkan.


ReplyQuote
wardhatullivia98
(@wardhatullivia98)
New Member
Joined: 5 months  ago
Posts: 2
06/05/2018 10:30 am  

InsyaAllah kak, dan terimakasih banyak  semoga masalah yg ada dalam remaja ttg kesehatan teratasi dan menjadi lebih baik


ReplyQuote
Siti Khumaidah, SKM
(@idakhumaidah)
Active Member
Joined: 1 year  ago
Posts: 13
06/05/2018 10:33 am  

Sudah banyak kota atau daerah yang menjalankan kegiatan ini, seperti di Tosari, di Surabaya, Kepulauan Riau, NTB, Gunung Kidul. hampir semua dijalankan oleh petugas PKPR (sebagai pendamping teknis medis) dan Desa/Kelurahan sebagai penanggung jawab.

Karena Posyandu Remaja di masyarakat bersifat UKBM sehingga yang bertanggung jawab adalah Desa/Kelurahan.

Untuk Posrem yang di sekolah beberapa tempat juga sudah berjalan, seperti yg dilakukan oleh kak Ilham di Entikong.

Kalau tanya mulai dari mana, maka jawabannya adalah mulai dari sekarang dari hal sekecil apapun yang kalian bisa, bisa dari remajanya dulu, atau pemerintahnya dulu, kalau sudah OK, baru ikuti langkah pembentukan Posrem sesuai Juknis yang kami buat, terima kasih


Lutfiyah liked
ReplyQuote
Share:
(Visited 12,371 times, 29 visits today)
  
Working

Please Login or Register